Home / Palembang / Uji Emisi, Evalusi Kualitas Udara

Uji Emisi, Evalusi Kualitas Udara

Uji emisi kendaraan roda empat di Jalan Demang Lebar Daun, Selasa (26/9).

Palembang, BP — Uji emisi kendaraan umum dan pribadi digelar di Depan di Jalan Demang Lebar Daun atau tepatnya di depan perumahan Perusahaan Listrik Negara (PLN) oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang, Selasa (26/9).


Uji emisi kendaraan ini merupakan bagian dari pelaksanaan evaluasi kualitas udara perkotaan dengan menggunakan alat khusus yang dipasang di knalpot kendaraan. Yang mana nantinya petugas bisa mengetahui kadar emisi yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar kendaraan yang diuji.


Petugas menguji tiga kategori kendaraan roda empat, yakni mobil dinas, angkutan umum dan pribadi. Meski belum didata berapa jumlahnya, didapati kendaraan yang tidak lulus emisi. Kendaraan tak lulus uji emisi mesti dibawa ke bengkel untuk di service.


Penganalisis Data Pencemaran Lingkungan Kemenetrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rhesa Darojat Rakhman mengatakan, Kementrian Lingkungan Hidup (KLHK) memiliki ketetapan ambang batas emisi. Bahkan setiap tahunnya penetapan ambang batas emisi kendaraan semakin di perketat.


“Teknologi kendaraan itu kan setiap tahunnya semakin canggih, kecanggihan teknologi itu membutuhkan bahan bakar yang sesuai juga, karena sudah menggunakan alat reduksi emisi yang akan memfilter gas buang kendaraan tersebut, sehingga menghasilkan gas buang yang semakin sedikit,” katanya.


Ia mengatakan, hal itu sangat di anjurkan kepada pemilik kendaran roda empat khususnya kendaraan dengan keluaran tahun terbaru untuk memperhatikan beberapa hal dalam menjaga dan merawat kendaraan miliknya. “Seperti selalu melakukan servis berkala pada kendaraan. Selain servis berkala, penggunaan bahan bakar sesuai dengan tahun kendaraan juga sangat di anjurkan atau tidak menggunakan bahan bakar bersubsidi,” terangnya.


Kepala Dinas DLHK, Faizal melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Heni Kurniawati mengatakan, selain di Demang, uji emisi juga akan ada di Jalan Residen Abdul Rozak dan Plaju. “Kegiatan ini merupakan salah satu kontrol terhadap kualitas gas buang dari kendaraan yang ada di Kota Palembang. Dengan mengukur kondisi mesin serta sirkulasi mesin kendaraan,” katanya.  


Dikatakannya, jika kendaraan yang tak layak uji emisi karena gas yang dibuang melebihi ambang batas yang seharusnya. Terutama kendaraan angkutan umum yang mendominasi tak lulus uji emisi ini karena memiliki gas buang yang sangat berbahaya. “Dari hasil uji emisi di lapangan memang masih ditemukan yang memiliki gas buang tidak baik alias tak lulus uji emisi,” katanya. #pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Digelar 16-25 Agustus, Sumsel Expo Dimeriahkan Artis Ibukota

Palembang, BP — Sumatera Selatan Expo 2018 yang merupakan agenda rutin setiap tahun akan digelar mulai 16-25 Agustus mendatang, di Dekranasda ...