Home / Sumsel / PALI / PKK dan Dinkes PALI Gelar Deteksi Kanker Leher Rahim

PKK dan Dinkes PALI Gelar Deteksi Kanker Leher Rahim

Sebanyak 588 perempuan menjalani pemeriksaan kesehatan deteksi dini kanker leher rahim dengan metode inspeksi visual dengan asam asetat atau IVA di Desa Air Itam, Kecamatan Penukal, Senin (25/9).

PALI, BP–Pemeriksaan kesehatan deteksi dini kanker leher rahim metode inspeksi visual dengan asam asetat atau IVA dilakukan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) PALI terhadap 588 perempuan di Desa Air Itam, Kecamatan Penukal, Senin (25/9).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Bupati PALI Ir H Heri Amalindo, MM, juga Anggota Komisi III DPRD PALI Edi Eka Puryadi dan sejumlah tokoh masyarakat serta beberapa kepala OPD di lingkungan Pemkab PALI.

Bupati Ir H Heri Amalindo, MM hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan TP PKK bekerja sama dengan Dinkes PALI.

“Kegiatan ini merupakan program kerja Pokja 4 TP PKK. Tujuannya mendeteksi dini kanker rahim dan pengobatan secara intensif penyakit tersebut agar tidak menyebar. Sasarannya perempuan usia subur dan kegiatan ini berlangsung selama dua hari, 25-27 September 2017,”  kata Ketua Pokja 4 Halimah Tusa’diah.

Baca:  Tumbangkan Muaraenim 7-1, Biliar PALI Kantongi Medali Emas

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten PALI dr H Muzakir menyebutkan cara ini dapat mendeteksi kanker leher rahim dengan cepat dan murah bagi masyarakat Kabupaten PALI.

“Berdasarkan data, kanker yang paling banyak ditemukan pada wanita adalah kanker payudara dan kanker rahim. Di mana ada 17 ribu penderita dari 100 ribu warga Indonesia terkena kanker leher rahim, tentunya hal ini harus diwaspadai,” ucap Muzakir.

Dijelaskannya, ada beberapa faktor penyebab terjadinya kanker leher rahim, di antaranya menikah terlalu muda, berganti-ganti pasangan, wanita perokok, sistem kekebalan tubuh yang lemah, melahirkan anak banyak, dan minum obat pil kontrasepsi lebih lima tahun.

Bupati Ir H Heri Amalindo, MM mendapat kejutan memotong tumpeng ulang tahun dirinya yang diam-diam disiapkan panitia.

“Meskipun kejadian kanker belum bisa dihilangkan, namun dapat dicegah dengan melakukan pemeriksaan secara dini. Untuk itu diperlukan peningkatan pencegahan dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar bisa mendeteksi penyakit kanker leher rahim. Melalui program TP-PKK, kita akan bekerjasama mencegah menyebarnya dan mengendalikan kanker secara dini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat,” ujarnya.

Baca:  Warga Air Itam Harapkan Perhatian Pemerintah

Lebih lanjut dikatakan Muzakir, target pertama pemeriksaan kesehatan deteksi dini kanker leher rahim adalah 2.000 orang, dan pada kegiatan di Desa Air Itam ada 588 orang wanita usia subur kecuali gadis perawan dan wanita hamil.

“Diharapkan masyarakat bisa memeriksakan kesehatan mendeteksi penyakit kanker leher rahim agar PALI sehat bisa terwujud,kami mohon bantuan seluruh elemen masyarakat juga stakeholder yang ada untuk meningkatkan derajat kesehatan pada masyarakat kabupaten PALI,” harapnya.

Di tempat sama, Bupati Kabupaten PALI Ir H Heri Amalindo, MM mengajak masyarakat agar bisa memeriksakan kesehatannya sedini mungkin, karena kanker leher rahim merupakan pembunuh nomor dua dari kanker payudara.

Baca:  Pemkab Tunjuk Talang Kerangan Untuk Kantor Bupati PALI

“Tadi disebutkan bahwa salahsatu faktor penyebab terjadinya kanker leher rahim adalah yang sering melahirkan anak, makanya ikut program KB, cukup dua anak saja. Jangan takut pemeriksaan ini,karena kalau sudah mengidap bahkan pada level stadium 4 itu akan susah sembuh.”

Bupati juga menyarankan kepada Dinkes Kabupaten PALI agar menggelar kegiatan tak hanya mengecek kesehatan kanker leher rahim saja.

“Coba buat juga kegiatan pemeriksaan kesehatan lainnya agar masyarakat PALI semuanya sehat dan bisa mendeteksi suatu penyakit sejak dini,jangan sampai sudah parah baru hendak berobat, tentunya hal itu sudah terlambat. Dan kami berharap setiap program pemerintah didukung seluruh lapisan masyarakat agar apa yang dicita-citakan bisa terwujud,” inginnya.

Usai meninjau kegiatan pemeriksaan kesehatan deteksi kanker leher rahim, Bupati juga meninjau Kelompok perawatan diri penderita kusta yang ada di Puskesmas Air Itam. Pada kegiatan itu juga Bupati mendapat kejutan dari seluruh pegawai Puskesmas Air Itam

Ikut juga Kepala Dinkes PALI serta beberapa Kepala Puskesmas yang ada di kabupaten PALI dan direktur RSUD Talang Ubi, di mana tidak disangka sebelumnya,usai mengikuti seluruh kegiatan Bupati dikagetkan dengan adanya tumpeng ulang tahun yang disiapkan panitia bahwa saat itu Bupati berulang tahun ke-54. #hab

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pertamina Pendopo Bukukan Produksi Migas Diatas 100%

PALI, BP PT Pertamina EP Field Pendopo yang merupakan bagian dari PT Pertamina EP Asset 2 sekaligus kontraktor kontrak kerja ...