Home / Pendidikan / Sumsel Harus Bangga pada Pahlawan Olahraga Popnas

Sumsel Harus Bangga pada Pahlawan Olahraga Popnas Pekan Olahraga Pelajar Nasional 2017

POPNAS: Sumarni, atlet pelajar Sumsel peraih medali emas pada multievent Popnas 2017 di Semarang saat mengikuti Upacara Pengalungan Medali. (Foto:IST)

Para pelajar peraih medali di Popnas musim ini di Semarang merupakan pahlawan olahraga Sumatera Selatan. 
Palembang, BP–Perhelatan multievent Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 baru saja usai dihelat akhir pekan lalu di Semarang. Sederet atlet pun telah berjuang menghadapi atlet level pelajar top Tanah Air.
Benar saja, hasil terbaik telah dipersembahkan oleh puluhan atlet kontingen Sumatera Selatan dengan mempersembahkan dua medali emas, satu perak dan sembilan medali perunggu.
Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo MPd pun sangat mengapresiasi para pelajar yang telah berjuang membawa bendera Sumsel pada multi event olahrga pelajar nasional paling bergengsi ini.

“Saya bangga dengan semua tim Sumsel yang telah bekerja keras khususnya para peraih medali dan teristimewa medali emas. Mereka adalah pahlawan dan anak-anak Sumsel yang membawa dan mengangkat nama baik Sumsel,” ujar Widodo, Minggu (24/9).

Menurutnya, berapapun hasil yang ditorehkan oleh para pelajar Sumsel perlu diapresiasi. Pasalnya, multi event nasional memang bukanlah hal mudah untuk menaklukkan lawan dan berhasil naik podium.
“Yang terpenting adalah ini bagian dari pembinaan yang didalamnya harus ada jam terbang. Apalagi usia mereka masih pelajar diharapkan agar mereka terus latihan agar usai lulus kelak bisa memperkuat Sumsel diajang senior baik di Kejurnas maupun PON,”terangnya.
Widodo menghimbau kepada seluruh kepala SMA/SMK di Sumsel agar lebih intens lagi dalam pembinaan olahraga melalui ektrakurikuller di sekolahny. Sehingga semakin serius pembinaannya maka prestasi pun ditorehkan.
 “Apalagi Sumsel terkenal dengan pendidikan dan olahraga. Bahkan Gubernur Sumsel Bapak Alex Noerdin telah berjuang dan menjadikan Sumsel tuan rumah Asian Games 2018 mendatang. Ini harus menjadi motivasi anak-anak SMA/SMK di Sumsel untuk mencintai olahraga,”harapnya.
Sementara itu, Chef de Mision (CdM) Sumsel  pada Popnas Semarang 2017, Zulfaini M Ropi mengatakan bahwa hasil torehan pada Popnas akhir pekan lalu harus menjadi motivasi bagi para pelajar lain untuk bisa berprestasi olahraga secara nasional.
Pasalnya, untuk menjadi atlet senior seperti atlet PON harus cukup pembinaan dalam latihan dan jam terbang baik skala daerah maupun nasional. Dan harus dilakukan sejak pelajar.
“Kedepan pembinaan oleh  klub pengcab dan pengprov harus sudah di mulai dari usia dini agar bibit atlit potensi dapat di bina lebih intensif lagi,” ujar Zulfaini.
Pria yang juga Sekretaris Umum Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumsel ini mengatakan bahwa pemerataan pembinaan juga perlu karena mengingat banyak potensi atlet yang tak hanya bakat tapi harus dijemput bola.
“Utamanya adalah pembinaan dan pemaksimalan PPLD di tingkat kabupaten/kota untuk beberapa cabang olahraga dalam hal ini adalah Dispora,”terangnya.
Terbukti bahwa peraih medali mayoritas adalah besutan PPLP/PPLD. Sebut saja Sumarni yang merupakan PPLP asal Sekolah Olahraga Nasional Sumsel (SONS) dari main sport angkat besi. #sug
Daftar Atlet Sumsel Peraih Medali Popnas 2017 Semarang:
*Medali Emas
1. Sumarni Angkat besi putri 40 Kg (Emas).
2. Rahmad Wisnu saypudin, Atletik Lompat Jangkit (Emas)
Medali Perak
1. Rahmad Wisnu Saypudin  Atletik Lompat jauh (Perak)
*Medali Perunggu
1. Heryadi Cabor angkat besi klas 69 kg
2. Corolin Yudo kelas 44 kg
3. Indira cabor Senam Artistik 
4. Efran Haris cabor Gulat kelas 69 kg
5. Rigita cs cabor Silat
6. Diky Wahyu cabor Takwondo kelas 78 kg
7. Muhammad Akbar Syawaludin cabor Pencak silat kelas G putra
8. Putri Andika pencak silat kelas G putri
9. Rahayu Ningtias cs puti kelas 4 × 1000 meter
Baca:  Gulat Siap Jemput Prestasi di Bumi Ibukota
x

Jangan Lewatkan

UKB Incar Akreditas A di Tahun 2020

Palembang, BP — Sebagai salah satu kampus swasta terkemuka di Palembang, Universitas Kader Bangsa (UKB) terus melakukan upaya peningkatan kualitas ...