Home / Bisnis / Distributor Beras Diberi Tempo

Distributor Beras Diberi Tempo Sesuaikan Harga Eceran

Istimewa

Palembang, BP–Harga Eceran Tertinggi (HET) beras sudah mulai diberlakukan belum lama ini. Meski begitu kebijakan tersebut masih mendapatkan toleransi mengingat distributor, agen dan pedagang masih memiliki stok beras dengan harga lama.
Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Sumatera Selatan Agus Yusdiantoro mengatakan, pihaknya masih memberikan toleransi hingga satu bulan kedepan kepada setiap distributor, agen hingga pedagang untuk menjual beras degan harga lama.
“Untuk penerapanya memang harus dilakukan secara bertahap. Sebab mereka (pedagang-red) masih memiliki stok lama,” ujar Agus, Minggu (24/9).
Dikatakan dia, untuk harga beras medium, pantauan sejauh ini di tingkat pedagang penjualannya relatif stabil. Salah satunya di Pasar Sekanak, beras medium kualitas baik dijual seharga Rp7.200 per kilogram.
Ia juga menambahkan, justru yang menjadi perhatian adalah beras kelas premium, apalagi belakangan waktu terakhir masalah beras premium ini sempat menjadi sorotan nasional.
“Pada intinya kami akan tetap mengawasi dan memegang rantai kendali penjualan beras baik dari tingkat distributor hingga pedagang eceran,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Bulog Divisi Regional Sumsel Babel Bahtiar menambahkan, sudah sewajarnya HET diperbaharui, hal tersebut juga mengingat kondisi perekonomian terkini. Artinya penetapan tersebut sudah cukup ideal, disesuaikan dengan kondisi daerah masing-masing.
Sejauh ini, lanjut dia, penjualan harga beras di tingkat pedagang tidak jauh berbeda dengan berasan HET yang ditentukan. Namun, memang untuk beberapa beras kelas premium harganya memang dianggap sudah terlalu tinggi.
“Untuk pengawasanya nanti lebih kepada wewenang pemerintah kabupaten/kota masing-masing,” tutupnya. #rio
Baca:  Beras Oplosan Terdeteksi Beredar di Sumsel
x

Jangan Lewatkan

Buruh Sawit Pukul Kepala Atasan Hingga Tewas

Sekayu, BP–Tanyakan selisih gaji sampai tersulut emosi, Mat Lias (31) memukul kepala atasannya, Niki Cahyono (23), dengan besi hingga tewas. ...