Home / Headline / PKB Resmi Ajukan Hernoe Maju Di Pilkada Palembang

PKB Resmi Ajukan Hernoe Maju Di Pilkada Palembang

BP/DUDY OSKANDAR
Hernoe Roesprijadji SIP menunjukkan surat rekomendasi Balon Wawako Palembang dari DPP PKB, Sabtu (23/09)

Palembang, BP

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) resmi mengeluarkan rekomendasi kepada Hernoe Roesprijadji SIP untuk maju pada Pilkada kota Palembang Juni 2018 mendatang sebagai Calon Wakil Walikota (Wawako) Palembang.
Kepastian ini tertuang dalam surat rekomendasi nomor 036/DESK-PILKADA/PUSAT/IX/2017 yang ditandatangani oleh ketua desk Pilkada pusat DPP PKB, Daniel Johan tertanggal 20 September 2017.
Dia mengakui, keputusan tersebut memang penuh kejutan. Bahwa setelah melakukan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and propertest ) DPP PKB pada 18 September lalu, dua hari kemudian keluar surat rekomendasi, yang dikeluarkan desk pilkada pusat. Isinya, setelah menyeleksi balonwako dan wawako Palembang, menyetujui dan merekomendasikan Hernoe sebagai calon wakil walikota, bukan walikota.
“Setelah selesai saya ikut fit and proper test 18 September lalu, tanggal 20 saya mendapatkan rekomendasi sebagai calon wakil walikota,” kata Hernoe saat merilis surat rekomendasin di Hotel Grand Duta Palembang, Sabtu (23/9).
Kemudian, terang Hernoe, karena PKB sendiri punya lima kursi di DPRD Palembang, maka DPP PKB memerintahkan bakal calon wawako bersama DPC untuk melakukan komunikasi dengan partai partai lain. “Nantinya, setelah mendapatkan pasangan dan memenuhi kuota sebagai persyaratan mendaftarkan ke KPU, sesegera mungkin pihaknya akan melaporkan ke PKB dan mengganti dengan surat keputusan tersebut,” katanya.
Saat ditanya, apakah surat rekomendasi tersebut sesuai ekspektasi atau hal yang realistis, karena sebelumnya Hernoe sendiri mengambil formulir pendaftaran balon wako, bukan balon wawako. Wakil Ketua PW NU Sumsel itu menjelaskan, bahwa dirinya selalu bekerja sebaik mungkin dan hasilnya seperti apa itulah yang cocok. Meski ternyata dapat rekomendasi wakil walikota, maka Hernoe menerima dengan baik.
Atas rekomendasi ini Hernoe mengaku, sebagai kader siap untuk menjalankan amanah partai dan siap membangun komunikasi dengan kandidat calon walikota.
“Ini bagi saya adalah perintah dan wajib untuk dijalankan,” kata Hernoe. Saat ditanya siapa calon walikota yang akan berpasangan dengannya? Hernoe mengaku dalam tahapan istikharah. Sebab sebagai kader PKB dan juga wakil ketua NU maka ia akan patuh terhadap arahan dan nasihat kiayi NU di Sumsel.
“Semua calon walikota kita bangun komunikasi dan tentunya saya ini santri jadi manut kiayi dan jalinan komunikasi partai,” Sambungnya. Masih menurut Hernoe, pasangannya nanti bisa saja dari parpol, tokoh masyarakat ataupun tokoh pemuda yang kini sudah memastikan maju pada Pilkada kota Palembang. “Segera pastinya, karena perintah partai jika sudah ada pasangan langsung menghadap DPP untuk dikeluarkan SK dukungan, mohon doanya,” katanya.
Hernoe menilai, setelah mendapat rekomendasi PKB untuk maju pada Pilkada Palembang 2018 dan terhadap balon wako yang lain, semua masih cair. Artinya, diluar pasangan Harnojoyo-Fitrianti Agustinda, semua masih harus melakukan komunikasi politik.
“Saya juga mendapatkan pesan-pesan dari para ulama senior, untuk tidak gegabah dalam memilih dan menentukan pasangan. Terlepas dari itu, dengan segala kerendahan hati dan permohonan bantuan, agar rekomendasi ini bisa diketahui masyarakat,” katanya.
Sementara itu, ketua Dewan Syuroh DPC PKB Palembang, Rafiudin SAg mengatakan, dengan keluarnya rekomendasi ini, maka partai sampai ketingkat bawah wajib untuk menjalankannya. Dimana dalam surat rekomendasi diberikan mandat kepada Hernoe sebagai calon wakil walikota Palembang dan memerintahkan yang bersangkutan dan partai untuk membangun komunikasi dengan calon walikota. “Karena PKB hanya 5 kursi maka harus koalisi, butuh 5 kursi lagi untuk mengusung calon. Jika nanti komunikasi sudah terbangun dengan kandidat dan koalisi partai, maka rekomendasi ini akan diganti dengan surat keputusan untuk syarat pendaftaran di KPU,” katanya. Terpisah, ketua Desk Pilkada PKB Danil Johan saat dikonfrmasi membenarkan rekomendasi kepada Hernoe sebagai calon wakil walikota Palembang.
Menurutnya rekomendasi ini menjadi legalitas Hernoe untuk bergerak membangun komunikasi dengan kandidat calon walikota. “Selanjutnya, sepenuhnya kita serahkan kepada Hernoe untuk membangun komunikasi, rekomendasi ini akan kita ganti menjadi SK Dukungan sebagai syarat mendaftar ke KPU,” jawabnya.
Diketahui, beberapa kandidat walikota kini sedang kencang melobi partai politik. Mereka adalah Harnojoyo dan Mularis (kader partai politik), Sarimuda (tokoh masyarakat) dan M Akbar Alfaro (Tokoh Pemuda).#osk

Baca:  Fenomena Jalur Independen Merambat ke Daerah

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Berebut Penumpang, Sopir Bus Kota Dihabisi Rekan Seprofesi

Palembang, BP–Diduga persoalan berebut penumpang, Febri (42) sopir bus kota jurusan Kertapati-KM 12 tewas dikeroyok sesama sopir di depan Hotel ...