Home / Pendidikan / Mahasiswa Harus Cerdas Cari Peluang

Mahasiswa Harus Cerdas Cari Peluang Seminar Nasional BEM FE Unsri

SEMINAR NASIONAL: Yasa Paramita Singgih saat memberikan materi tentang bisnis kepada ratusan mahasiswa di Aula pascasarjana, Jumat (22/9). Foto: BP/SUGIARTO

Palembang, BP– Pesatnya perkembangan dunia internet di era globalisasi saat ini, membuat internet menjadi kebutuhan mayoritas masyarakat. Bahkan di era gen millenial ini banyak bisnis yang meledak dari berbagai economi kreatif dengan menggunakan internet.
Demikian terungkap dalam pembahasan seminar nasional dan talkshow ekonomi kreatif yang digagas oleh Badan Eksekitif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (FE) di Aula pascasarjana Unsri, Jumat (22/9).
Seminar yang dihadiri ratusan mahasiswa dan pemuda dari berbagai Perguruan Tinggi di Palembang menghadirkan Yasa Paramita Singgih seorang pengusaha muda sukses dan peraih juara satu wirausaha muda mandiri.
“Sukses itu butuh proses, artinya kita harus kreatif. Apalagi mahasiswa di era ini dimana kita harus manfaatkan era informasi ini. Karena lebih baik  kehilangan masa muda daripada kehilangan masa depan,” ujar Yasa saat memberikan motivasi kepada ratusan mahasiswa.
Yasa menceritakan kiprah kesuksesanya bukan tanpa perjuangan, Yasa remaja, sejak 15 tahun tidak dibiayai orang tua, saat sekolah. Ia pun harus banting tulang untuk membiaya uang jajannya sendiri. Mengawali karir, ia pun mulai melakukan aksi nekat dengan jualan. “Bahkan delapan bulan toko saya tutup dan rugi hingga 100 jutaan,”terangnya.
Tak kapok, Yasa kemudian melakukan evaluasi dan singkat cerita ia kemudian membuka bisnis online dengan nama Man’s Republic hingga omset mencapai ratusan juta. “Artinya jangan patah semangat dan mahasiswa harus pandai mencari peluang,”tegasnya.
Sementara itu, Ketua BEM FE Unsri Abdul Hamid Harahap mengatakan bahwa ini merupakan event tahunan untuk memotivasi para mahasiswa dan pemuda tentang ekonomi kreatif bagaimana harus memulai dan menangkap peluang berwirausaha.
“Selain menghadirkan Yasa Paramita Singgih kita juga menghadirkan Dian Pelangi, desainer yang sudah go internasional,”ujar Abdul.
Diharapkan kegiatan yang digagas dengan tema being innovative, educative and futuristix for global economy ini menjadi semangat baru berwirausaha di era gen millenial dan bonua demografi saat ini. #sug
Baca:  BEMKM FISIP Unsri Gelar Festival Rakyat
x

Jangan Lewatkan

Ratusan Pelajar Geruduk Jalanan, Tolak Valentine Day

Palembang, BP— Berangkat dari kepedulian fenomena generasi muda yang masih merayakan Hari Kasih Sayang atau Valentine Day pada setiap 14 ...