Home / Headline / Anggaran Pilkada Kota Palembang Rp65 Miliar Lebih

Anggaran Pilkada Kota Palembang Rp65 Miliar Lebih

BP/DUDY OSKANDAR
Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pembentukan PPK dan PPS Se Kota Palembang, Jum’at (22/9) di Aula KPU Kota Palembang.

Palembang, BP

Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kota Palembang 2018 dimulai, Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang pun mulai mempersiapkan kebutuhan teknis termasuk menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pembentukan PPK dan PPS Se Kota Palembang, Jum’at (22/9) di Aula KPU Kota Palembang.
Walikota Palembang H. Harnojoyo mengatakan, anggaran untuk pelaksanaan pilkada seretak di kota Palembang 2018 dibutuhkan anggaran kurang lebih Rp65.922.134.504 .
“Dukungan Finansial juga telah disiapkan, dari koordinasi bersama KPU Kota di butuhkan anggaran sebesar Rp 65 Miliar,” katanya.
Dimana penganggarannya dilakukan di APBD kota Palembang tahun 2017 Rp7.9 miliar dan di perubahan sudah dianggarkan Rp1.315.289.700 dan Insya Allah di APBD induk 2018 yang akan datang anggarkan Rp56.704.320.650.
Untuk kesiapan SDM tingkat kecamatan dan kelurahan dalam rangka PPK dan PPS menurutnya sekretaris PP sebanyak 18 orang , staf sekrertaris PPK 36 orang, sekretaris PPS 107 orang, staf sekretaris PPS sebanyak 214 orang.
“Pemkot mengajak seluruh elemen mensukseskan Pilkada secara serentak nantinya, karena ini tanggung jawab kita bersama,” ucap orang nomor satu di Palembang ini.
Dijelaskanya, Pemkot melalui beberapa instasi seperti Dukcapil, Kesbangpol, BPKAD, Pol PP, Dishub dan Kominfo terus berupaya secara maksimal.
Pihaknya berharap, di pilkada ini partisipasi politik masyarakat meningkat lagi dan forum koordinasi daerah dia meminta terus bersama-sama memberikan dukungan dan dorongan serta kerjasama yang baik yang terjalin selama ini guna mensukseskan pilkada agar aman dan damai serta kondusif di jaga seuntuhnya .
“Masyarakat Palembang tetap mematuhi semua regulasi yang ada dan yang telah ditetapkan KPU pusat, KPU Provinsi dan KPU kota,” katanya.
Kabag Ops Polresta Palembang Kompol Maruly Pardede mengatakan, pihaknya sudah mengajukan anggaran untuk pilkada serentak kota Palembang ke Pemkot Palembang dan dalam proses pengecekan oleh Pemkot Palembang.
“ Semoga bisa direalisasikan sehingga pelaksanaan tidak ada kendala,” katanya.
Selain itu potensi konplik harus diselesaikan bersama oleh semua pihak seperti masalah dualisme kepengurusan PPP baik di Provinsi Sumsel dan kota Palembang.

Baca:  Anggaran Pilkada Palembang Dianggarkan Dua Tahun

Syarifudin, Ketua KPU Kota Palembang mengatakan KPU Palembang membutuhkan peran aktif dari segala instansi dalam menyukseskan Pilkada secara serentak di tahun 2018.

“Biasanya PPS diusulkan dari kelurahan, sekarang ini harus mendaftar ke KPU. Bulan Oktober rencanya di buka pendaftaran untuk PPK dan PPS, untuk tanggal masih berkoordinasi dengan KPU Sumsel,” jelasnya.
Menurutnya anggota PPK berjumlah 5 orang , PPK dibantu sekretariat dan sekretaris di bantu dua orang staf sekretaris dari PNS dan komposisi PPK memperhatikan keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen.
Selain itu untuk fasilitas PPK adalah honor, sewa kendaraan, sewa computer dan printer, modem jasa dan layanan internet.
Selain itu honor PPK Rp1.850 ribu , anggota PPK Rp1.600 ribu, sekretaris PPK Rp1.300 ribu dan staf sekretaris Rp850 ribu. Untuk anggota PPS berjumlah 3 orang yang dibantuk sekretaris dan staf sekretariat PPS.
“ Fasilitas PPS honor, modem/jasa layanan internet, sewa Komputer dan printer,” katanya.
Untuk honor Ketua PPS Rp 900 ribu , anggota PPS Rp850 ribu, sekretaris PPS Rp 800 ribu, staf sekretariat PPS Rp750 ribu.
“ Untuk sekota Palembang, PPK berjumlah 90 oranng, Sekretaris PPK sebanyak 18 orang, staf sekretariat PPK 36 orang, PPS 321 orang , sekretaris PPS 107 orang dam staf sekretariat PPS 214 orang, “ katanya.#osk

x

Jangan Lewatkan

Polda Sumsel Segera Geledah Kantor Abu Tours

Palembang, BP–Setelah surat izin penggeledahan Kantor Abu Tours & Travel Palembang yang diajukan Polda Sumsel disetujui Pengadilan Negeri Palembang, penggeledahan ...