Home / Headline / Revitalisasi BKB Prosesnya Rumit

Revitalisasi BKB Prosesnya Rumit

BP/IST
Kapendam II/Swj Letkol Inf Imanulhak, S.Sos

Palembang, BP

Revitalisasi Benteng Kuto Besak (BKB) yang kini di jadikan kantor Kesdam II Sriwijaya dan Rumah Sakit AK Gani bakal tidak terealisasi lantaran panjangnya birokrasi yang akan dihadapi.
Kapendam II Sriwijaya Letkol Inf Imanulhak, S.Sos menjelaskan, saat dirinya berdinas di Ternate kondisinya sama seperti Palembang dimana Walikota di Ternate ingin benteng di Ternate yang menjadi asrama militer akan dijadikan tempat wisata dan cagar budaya.
“Tetap tidak bisa, karena itu pada saat penjajahan tempat itu diambil alih dan diserahkan ke TNI bukan ke pemerintah, jadi prosesnya sampai saat ini dari tahun 2009 saya di Ternate sampai hari ini belum kelar-kelar itu,” katanya, Kamis (21/9).
Untuk revitalisasi BKB menurutnya, prosesnya rumit dan tidak semudah itu untuk diambil alih untuk di jadikan tempat wisata atau cagar budaya.
“Benteng bukan hanya di BKB dimana-mana ada benteng peninggalan zaman penjajahan , kebanyakan banyak di tempati asrama militer, itu bukan semata-mata militer menduduki tempat itu atau tinggal di tempat itu memang ada sejarahnya , kenapa benteng itu ditempati militer itu ada sejarahnya , kenapa benteng ditempati militer ada sejarahnya pada saat zaman penjajahan maupun penyerahan penjajahan ke kita memang diserahkannya ke TNI ,” katanya.
Menurutnya, masalah birokrasilah yang membuat BKB belum bisa dilakukan revitalisasi.
“Aset TNI dalam hal ini sudah masuk dalam SIMAK BMN, SIMAK-BMN (Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara) SIMAK BMN itulah yang harus melalui prosedur sampai ke Menkeu, Kemenhan , panjang birokrasinya ,” katanya.
Dirinya, tidak bisa menjawab apakah BKB bisa dimasuki wisiatawan karena yang dirinya tahu kalau sudah menjadi aset militer birokrasinya agak susah.
“ Perlu proses yang lama , walaupun ada tukar guling ,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Untuk Kesejahteraan Petani Karet, Pemkab Muba Gandeng Eiger

Bandung, BP–Upaya mensejahterakan masyarakat petani karet di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus dimaksimalkan. Setelah program pemanfaatan aspal karet berhasil akan ...