Home / Headline / KPU Segera Bentuk PPK dan PPS

KPU Segera Bentuk PPK dan PPS

Ahmad Naafi

Palembang, BP

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) segera melakukan perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang akan bertugas pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 dan Pemilu 2019.
Sesuai tahapan pembentukan, rekrutmen mulai dilakukan pada 12 Oktober-11 November mendatang dengan dilaksanakan di 3.250 desa dan kelurahan se-Sumsel untuk PPS, serta 239 Kecamatan untuk PPK.

Komisioner KPU Sumsel Divisi SDM dan Parmas Ahmad Naafi mengatakan, sebelum PPK dan PPS dibentuk oleh 17 kabupaten/kota se-Sumsel akan dilakukan bimbingan teknis (bimtek).

Baca:  Soal PSU, KPU Palembang Tunggu Keputusan Bawaslu

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai persiapan pembentukan PPK dan PPS yang rencananya akan digelar KPU Sumsel pada 22-24 September mendatang di Palembang.

“Sambil menunggu revisi PKPU Nomor 3 tahun 2015 tentang tata kerja dan pembentukan panitia ad hoc, kami akan laksanakan bimtek rekruitmen terhadap KPU kabupaten/kota,” katanya, Kamis (31/9).

Dijelaskannya, sebelum rekrutmen dilakukan KPU Provinsi dan jajarannya juga masih menunggu perubahan menyangkut syarat umur dan jumlah petugas PPK dan PPS yang akan ditinjau ulang apakah tetap atau berkurang.

Baca:  Pesilat Betawi Gelar Duel Maut Di Kantor KPU Palembang

Dikatakannya, bahwa sesuai rencana, perekrutan PPK akan dilaksanakan 12-20 Oktober, lalu dilantik pada 23 Oktober. Sedangkan rekrutmen PPS di 17 Kabupaten/kota dimulai pada 25-30 Oktober mendatang dan dilantik pada 5 November 2017.

Sementara untuk persyaratan, sesuai PKPU Nomor 3 tahun 2015 di antaranya adalah harus warga negara Indonesia (WNI), berdomisili di wilayah PPK dan PPS, dan minimal tamatan SLTA/Sederajat.

Baca:  Masyarakat Harus Percayai Hasil Penghitungan KPU Sumsel Bukan Hasil Quick Count

Petugas juga harus sehat jasmani dan rohani, tidak pernah diberikan sanksi berupa pemberhentian tetap oleh KPU atau DKPP dan belum pernah menjabat dua kali sebagai PPK/PPS berturut-turut.

Baik dalam pelaksanaan pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden maupun pemilu legislatif pada periode pertama, dimulai 2005-2009 dan periode kedua 2010-2014 dan seterusnya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kereta Kencana di Kesultanan Palembang

Oleh: Pengamat Sejarah Kota Palembang, Kms.H. Andi Syarifuddin   Sebagaimana lazimnya adat istiadat tradisi yang telah berlaku di seluruh kerajaan ...