Home / Sumsel / Sambut 1 Muharam, KPD Gelar Pawai Obor

Sambut 1 Muharam, KPD Gelar Pawai Obor

# Digelar Hari ini 

BP/IST
Undangan menyambut 1 Muharam dari
Kesultanan Palembang Darussalam

Palembang, BP–Menyambut 1 muharam, Kesultanan Palembang Darussalam (KPD) menggelar berbagai kegiatan salah satunya pawai obor.
Humas Kesultanan Palembang Darussalam Pangeran Surya Ari Panji mengatakan, kegiatan berlangsung hari ini, Rabu (20/9) malam Kamis usai ba’da Magrib.
Acara di mulai dengan Shalat Magrib berjamaah di Masjid Baitullah di Jalan Muhammad Mansyur, Bukit Lama dilanjutkan pawai obor dari Masjid Baitullah ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam di jalan Muhammad Mansyur , Bukit Lama Palembang.
“Setelah itu dilanjutkan dengan penyerahan bendera Kesultanan Palembang Darussalam dan tunggul Telok Abang, lalu Betanggem lalu dilanjutkan Shalat Isya berjamaah di masjid dekat Istana Adat Kesultanan Palembang,” katanya, Rabu (20/9).
Selanjutnya, pembacaan Alfatiha untuk Sultan-Sultan Palembang dan Yassin serta zikir lalu sambutan-sambutan dan dilanjutkan tausiah dan ramah-tamah.
“ Lalu tanggal 21 September dilanjutkan dengan ziarah ke Raja Palembang terakhir Sidoing Rejek di Saka Tiga, Ogan Ilir (OI),” katanya.
Panji mengajak, semua masyarakat kota Palembang mensukseskan acara –acara tersebut guna menye

Humas Kesultanan Palembang Darussalam Pangeran Surya Ari Panji

barkan syiar Islam di kota Palembang.

Adapun yang menjadi titik balik atau tolak ukur diberlakukannya peringatan 1 muharram sebagai tahun baru islam adalah menurut Panji merujuk kepada perjalanan Rasululloh Muhammad SAW ketika melakukan Hijrah dari kota Mekkah ke Madinah sesuai perintah Allah SWT.
Proses hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan para sahabat mengandung banyak hikmah, diantaranya ialah setiap insan atau manusia dimasa sekarang diharuskan melakukan hijrah atau berpindah dari satu keadaan menuju maqom atau tempat yang lebih baik dalam arti proses berpindahnya sifat sifat buruk menuju perbaikan kebaikan, sehingga peringatan 1 Muharram sebagai tahun baru islam mampu menghadirkan momentum berharga dan mendatangkan manfaat lahir bathin bagi orang-orang yang berakal tidak hanya sekedar mengetahui sejarahnya saja melainkan mampu membawa i’tibar besar bagi umat.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Setuju LKPJ 2017 Dan LKPJ AMJ Gubernur Sumsel 2013-2017

Palembang, BP DPRD Provinsi Sumsel menggelar rapat paripurna XVIII tentang laporan rekomendasi DPRD Provinsi Sumsel terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) ...