Home / Headline / Gencarkan Pertumbuhan Hijau, Ini yang Dilakukan Bupati Muba

Gencarkan Pertumbuhan Hijau, Ini yang Dilakukan Bupati Muba

Bupati Muba H Dodi Reza Alex bersama Wakil Bupati Beni Hernedi dan Satgas Agraria Kabupaten Muba Anwar Sadat dalam lokakarya.

 Palembang, BP–Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus berbenah, khususnya komitmen untuk implementasi pembangunan pertumbuhan hijau (green growth) dan reforma agraria. Hal ini juga didasari karena Kabupaten Muba menjadi daerah pelopor pembangunan pertumbuhan hijau di Indonesia.
 
Tidak hanya itu, komitmen green growth Kabupaten Muba juga dinobatkan menjadi komando Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) Indonesia. Capaian pembangunan pertumbuhan hijau yang diraih Kabupaten Muba ini tidak bisa dipisahkan dari komitmen Pemkab Muba untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. 
 
Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin mengungkapkan implementasi pembangunan hijau di Kabupaten Muba harus terus digencarkan dengan melalui banyak program. 
 
“Ya, misalnya saja dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Muba untuk membuat rencana kerja yang memperhatikan implementasi green growth,” ujarnya di sela pembukaan kegiatan Lokakarya Perencanaan Implementasi Pembangunan Pertumbuhan Hijau (Green Growth) dan Reforma Agraria Kabupaten Musi Banyuasin di Hotel Grand Zuri Palembang, Selasa (19/9). 
 
Dikatakan Dodi, banyak cara untuk mengimplementasikan pembangunan hijau dan peran OPD harus pro aktif untuk mewujudkan dan menjaga pembangunan hijau. 
 
“Pemkab Muba juga tidak akan fokus saja dengan rencana-rencana dalam upaya menjaga lingkungan dan hutan tetapi juga fokus dengan mengedukasi masyarakat pedesaan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, dengan tetap mempertahankan sumber daya dengan mengatur penggunaan, perkembangan dan perlindungan terhadap sumber daya alam dan fisik dengan tidak merusak ekologi,” jelasnya.
 
Sementara itu, komitmen pembangunan hijau di Kabupaten Muba ini mendapat banyak dukungan dari beberapa NGO nasional dan internasional yang juga tergabung dalam Sahabat Muba dan di antaranya WRI Indonesia, Rainforest Alliance, IDH Sustainable, dan World Agroforestry Centre.
 
“Kami melihat Kabupaten Muba sangat serius dengan pembangunan pertumbuhan hijau, dan tentunya harus didukung. Dan upaya Bupati Muba melibatkan OPD untuk mencanangkan rencana kerja yang berkaitan dengan green growth kami nilai sangat bagus dan harus mendapat dukungan,” ujar Ketua Panitia Pelaksana Lokakarya Green Growth Adiosyafri. 
 
 Lokakarya Perencanaan Implementasi Pembangunan Pertumbuhan Hijau (Green Growth) dan Reforma Agraria Kabupaten Musi Banyuasin diikuti sebanyak 60 peserta dari perwakilan OPD Musi Banyuasin. Turut hadir Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, Staf Khusus Gubernur Sumsel Bidang Perubahan Iklim Dr Najib Asmani, Project Director Kelola Sendang (ZSL) Prof Damayanti Buchori, dan Satgas Agraria Kabupaten Muba Anwar Sadat.#arf
Baca:  Terapkan 'Assalamualaikum Cinta', Puskemas Ini Dapat Penilaian
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

KPU Sumsel Serahkan Salinan SK Penetapan Gubernur Terpilih ke DPRD Sumsel

Palembang, BP Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) secara resmi menyerahkan salinan Surat Keputusan (SK) Penetapan Gubernur dan Wakil ...