Home / Sumsel / Anggarkan Rp2,69 Miliar Dukung UMKM Sumsel

Anggarkan Rp2,69 Miliar Dukung UMKM Sumsel

Palembang, BP–Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menganggarkan dana sebesar Rp2,69 miliar di 2017. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan daya saing para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Sekda Provinsi Sumsel Nasrun Umar mengatakan, dana itu digunakan untuk mendukung semua program UMKM yang dialokasikan pada Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumsel. Misalnya untuk program pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif UMKM, pengembangan sistem pendukung usaha bagi UMKM, peningkatan kualitas kelembagaan koperasi, perkuatan permodalan UMKMK dan peningkatan kegiatan usaha UMKMK.
“UMKM adalah sektor yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia,” ungkap Nasrun saat rapat koordinasi penyaluran KUR dan peningkatan Daya Saing UMKM 2017, di Graha Bina Praja Pemprov Sumsel, Selasa (19/9).
Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, masih dilanjutkan Nasrun, sektor UMKM merupakan mayoritas jenis usaha yang ada di Indonesia hingga mencapai 99,9 persen dengan pelaku usaha mencapai sekitar 57,8 juta.
Ditambahkan dia, untuk sektor UMKM di Sumsel sendiri pada kurun waktu 2012 sampai dengan 2017 terus mengalami pertumbuhan dengan rata-rata pertumbuhan jumlah UMKM mencapai 4,8 persen per tahun. Pertumbuhan ini perlu dipertahankan atau bahkan ditingkatkan di tahun-tahun mendatang.
“Pertumbuhan ekonomi Sumsel saat ini didorong oleh belanja infrastruktur dalam rangka Asian Games 2018. Setelah Asian Games berakhir nantinya sektor UMKM merupakan salah satu sektor potensial sebagai subtitusi belanja infrastruktur pendorong pertumbuhan ekonomi di Sumsel,” jelasnya.
Dalam memberikan dukungan bagi sektor UMKM, sambung Nasrun, Pemerintah telah banyak menggulirkan berbagai bentuk skema pembiayaan. Salah satunya adalah KUR. Kemudian, dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2017 Pemerintah mengalokasikan anggaran subsidi bunga KUR sebesar Rp9,02 triliun.
Menurutnya, subsidi KUR ini merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk memajukan UMKM di Indonesia, terutama dalam menghadapi berbagai risiko ketidakpastian global. Pemerintah Pusat telah dan akan terus menjalankan perannya sesuai dengan kewenangan dan kewajibannya dan diharapkan juga Pemda untuk dapat menjalankan perannya dengan sebaik-baiknya.
“Saya berharap pelaksanaan rapat koordinasi pada hari ini menjadi komitmen kita bersama sebagai upaya peningkatan dukungan bagi UMKM,” harap Nasrun.#rio
Baca:  Jaring Isu-isu Strategis, Pemprov Gelar Rapat Pokja SDG’s
x

Jangan Lewatkan

Sidang Prapradilan Gunawati Thamrin Berakhir Kamis Ini

Palembang, BP Perkara sidang Prapradilan Nmor : 1/ Pid.Pra/2018/PN.PN.Plg yang dimohonkan Gunawati Pandarmi O alias Kokoh Thamrin Direktur PT Indo ...