Home / Sumsel / Ogan Ilir / Pemuda Kecamatan Tanjungraja Dilatih Peningkatan Kapasitas Organisasi

Pemuda Kecamatan Tanjungraja Dilatih Peningkatan Kapasitas Organisasi

Kerja Sama BKAD Mutiara, Forum Kades, dan Pemkab OI

Ketua Panitia sekaligus Ketua BKAD Mutiara Zulkarnain Burlian berfoto bersama kepala badan, camat pembicara dan panitia

Inderalaya, BP–Sedikitnya 45 pemuda asal Kecamatan Tanjungraja, Kabupaten Ogan Ilir (OI) mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas pengurus organisasi kepemudaan desa se-Kecamatan Tanjungraja dalam program P3MD tahun anggaran 2017, bertema ‘Membangun Desa, Desa Membangun’, selama 4 hari, 13-17 September, di Aula Garudamas.

Kegiatan tersebut menggunakan dana desa bekerja sama dengan Forum Dades, Pemkab OI, dan BKAD Mutiara sebagai penyelenggara. Ketua Panitia sekaligus Ketua BKAD Mutiara Zulkarnain Burlian mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut guna menjalankan amanat Undang-Undang Desa, bahwa ada empat tujuan dana desa antara lain pemerintahan desa, pembangunan kemasyarakatan, dan pemberdayaan.

Baca:  Wabup Ogan Ilir Lepas 384 Mahasiswa UMP

“Kita kan baru terbentuk kepengurusan Karang Taruna kabupaten, tingkat desa. Para pemuda diharapkan menjadi garda terdepan dari desa, membangun desa, membangun manusianya. Apalagi kita prihatin saat ini banyak remaja terkena narkotika dan pergaulan bebas. Untuk itulah kita hadirkan pemateri dari BNN OI AKBP Abdulrahman, sementara soal rasa nasionalisme yang dan menimbulkan rasa kebanggaan kebangsaan di kalangan kepemudaan yaitu Pabung Kodim 0402  OI Kapten Ikra Wardita, dan untuk mencegah remaja berbuat negatif diarahkan ke kegiatan olahraga kita hadirkan Ketua KONI H Iklim Cahya, jadi meski pelatihan ini singkat namun tetap berharga,” katanya kepada BeritaPagi.

Ketua Forum Kades Rudi Mahdum mengatakan kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi pemuda guna meningkatkan kualitas para pemuda sebagai tombak memajukan bangsa di masa datang, sehingga agar tidak salah jalan perlu mendapatkan pengarahan yang baik.

Baca:  Bakal Hadir Hutan Serbaguna Binadarma di Ogan Ilir

Camat Tanjungraja Drs Mario Candra menyebutkan kegiatan utama yang diamanatkan dalam dana desa, salah satunya peningkatan kapasitas, sasarannya untuk generasi muda yang sesuai tuntutan zaman dan tuntutan era globalisasi saat ini. Apalagi saat ini bonus demografi jadi pusat perhatian dunia, populasi penduduk dunia sebagian besar yang diisi penduduk dalam usia produktif untuk generasi muda para pemuda.

Baca:  Sekretaris Bawaslu OI Bertekad Wujudkan Kerja Cerdas, Berintegritas dan Bebas KKN

Kaban BPMPD Syamrowi, SSos, MSi mengatakan adalah sebuah gagasan positif berbagai kegiatan dilakukan untuk memajukan desa, jika pemuda memiliki pemikiran sampaikan melalui forum desa, rapat desa. “Perlu sumbang saran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, berlomba-lomba memajukan desa masing-masing, kalau desa maju maka kecamatan akan maju, otomatis kabupatennya juga maju.”

Turut hadir tenaga ahli dari Sumsel, Hendra Subakti, Sekretaris BKAD Mutiara Syahril, Bendahara Eti Kusmawati, Ketua Ketua Unit Pengelola Simpan Pinjam (UPSP) Muslim, Yenti Puspitasari, Seftiliana, Nico Ardiansyah, Ketua Badan Pengawas UPSP Hendry, Anggota Pemilu Dwita Nusantara dan Desma Dwijayanti. #hen

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Sekolah Jurnalistik Desa Diharapkan Cetak Satu Desa Satu Jurnalis

Inderalaya, BP — Pembukaan Sekolah Jurnalistik Desa (SJD) , untuk cetak satu desa satu jurnalistik yang di gagas media cetak, ...