Home / Hukum / Pantau Ujaran Kebencian di Medsos, Polda Sebar Cyber Patrol

Pantau Ujaran Kebencian di Medsos, Polda Sebar Cyber Patrol Cegah Terulang Penghinaan Ibu Negara oleh Pemuda Palembang

Irjen Pol Zulkarnain Adinegara

Palembang, BP–Berkaca dari tindak pidana ujaran kebencian yang dilakukan pemuda asal Palembang terhadap Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Polda Sumsel melakukan pemantauan jaringan media sosial lewat cyber patrol.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, seperti yang diamanatkan Mabes Polri, pihaknya melakukan cyber patrol di dalam jaringan media sosial untuk memantau konten yang berkembang di masyarakat.

Baca:  Tongkat Komando Polda Sumsel Beralih

Hal itu dilakukan untuk menanggulangi tersebarnya berita bohong (hoax) serta pelanggaran dari Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE).

“Beberapa anggota sudah mendapatkan pelatihan dan kemampuan dalam bidang IT untuk melakukan cyber patrol tersebut,” ujar Iskandar, Minggu (17/9).

Terkait pengembangan dari penangkapan terhadap Dodik Ihwanto (22) yang menjadi tersangka atas ujaran kebencian terhadap Ibu Negara, Zulkarnain berujar, konten penyidikan ditangani oleh Cyber Crime Mabes Polri.

Baca:  Polda Siap Amankan Bandara Alternatif KAA

Namun pihaknya tetap siap membantu apabila ada pengembangan dari kasus tersebut yang berlokasi di Sumsel.

“Saat penangkapan, kami hanya mendampingi ke lokasi penangkapan. Sejauh ini baru satu dari Palembang yang sudah ditetapkan tersangka” kata Zulkarnain.

Untuk motif konten yang disebarkan oleh Dodik sendiri, sejauh masih terus dilakukan pengembangan. Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan Mabes Polri.

Baca:  Mabes Polri Nilai Sumsel Kondusif

Dirinya mengimbau agar masyarakat berhati-hati terhadap konten yang diunggah dan dibagikan, karena UU ITE sekarang sudah diamandemen.

“Dulu hanya pengunggah pertama yang kena, sekarang yang membagikan pun ikut kena. Jangan membuat dan membagikan konten yang akan mengganggu ketenteraman dalam bermasyarakat,” imbaunya. #idz

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Aksi Pungli Harimau Jalanan Diduga Dibekingi Polisi

Palembang, BP–Aksi pungli kelompok yang mengatasnamakan Harimau Jalanan disebut dibekingi oknum anggota polisi berpangkat Aipda berinisial E yang berdinas di ...