Home / Bisnis / Kuota Data Telkomsel Tak Bisa Digunakan  

Kuota Data Telkomsel Tak Bisa Digunakan  

Pelanggan harus antre hingga 1 Jam Lebih di Grapari Telkomsel MDP, ketika kuota yang dibeli tidak terakumulasi, kuota masih banyak, pulsa reguler malah terkuras, Rabu (13/9/2017) (foto: BP/RENO)

Palembang, BP — Disarankan kepada pelanggan provider untuk lebih teliti dalam memilih paket layanan data. Seperti yang dialami Ina (28), meskipun kuota data masih berlimpah, namun pulsa tetap terpotong juga.

Ina menceritakan, beberapa waktu yang lalu dirinya melihat kuota di aplikasi myTelkomsel sudah mulai habis, kemudian buru-buru isi ulang paket data di *363*9#.

Pulsa data ini tidak terpakai, karena tidak terakumulasi

Setelah di isi, pulsa data bertambah dan terbagi-bagi masa berlakunya. Beberapa hari berlalu, pulsa internet lokal pun tinggal 0, termasuk internet lokal 4G yang masa tengangnya masih 4 hari lagi.

Sementara paket data yang baru di isi, lokal 4G dan internet lokal masih berlaku hingga 5 Oktober mendatang. Paket data yang diisi pun tidak terakumulasi, sehingga ketika paket data diaktifkan, pulsa reguler pun tersedot dalam-dalam.

“Paket data yang saya beli tidak terakumulasi, ketika paket data lama habis dan masa tenggang masih beberapa hari, yang disedot malah pulsa reguler, padahal kuota yang baru diisi masih banyak dan masa berlaku masih panjang, dalam kondisi ini sebanyak apapun pulsa yang dimiliki, ya habis juga,” kata dia.

Ina menyangkan layanan paket data ini, pembelian data baru nyatanya tidak terpakai, sampai masa berlaku paket data yang lama habis. Sehingga yang disedot adalah pulsa reguler.

Selain itu, membeli paket 4G yang terbagi-bagi masa tenggangnya bisa juga menyebabkan pulsa terpotong dengan sendirinya. Ketika paket 3G habis, paket 4G masih ada, dan melakukan browsing diarea yang jaringan 4G tidak stabil maka yang disedot adalah pulsa reguler.

Pengaturan 4G tidak only

“Jadi kalau pengaturan di smartphone kita tidak ada setelean 4G only sangat berisiko ketika kuota 3G habis, saat sinyal 4G tidak stabil maka pulsa reguler yang terpotong, dan data 4G tadi hanya bisa di pakai di area yang sinyal 4G stabil,” tutur dia.

Sementara itu, Corporate Comunnication Telkomsel Sumbagsel Roby Suhendara mengatakan, setelah di cek dibagian sistem ternyata kuota data pelanggan tersebut dibeli di Jakarta, sehingga sebagian kuota yang terisi ada yang berlaku di Jakarta.

“Kita sudah cek komplen pelanggan ini, ternyata kuota yang tidak bisa terpakai ini hanya bisa digunakan di Jakarta, ketika digunakan di Palembang kuota ini tidak terpakai,” kata dia.

Roby mengakui, dalam pembelian kuota di suatu tempat seperti di Jakarta, sistem membaca lokasi tempat pengisian kuota. Namun tidak semua data yang terisi berlaku di lokasi pembelian, ada juga kuota yang berlaku secara nasional. #ren

 

x

Jangan Lewatkan

UIN Raden Fatah Berduka

Palembang, BP Civitas akademika Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang berduka, salah satu dosen terbaiknya Drs. Kailani Mustafa, ...