Home / Headline / Hanya Diterima 387 Orang Untuk Pendamping Desa

Hanya Diterima 387 Orang Untuk Pendamping Desa Pengumuman Peserta Lulus 18 September

Para pelamar mengikuti tahapan tes wawancara seleksi Pendamping Desa 2017 untuk Provinsi Sumsel, di Gedung Pasca Sarjana Unsri, Rabu (13/9). (foto: BP/Rio Adipratama)

Palembang, BP–Membludaknya pelamar yang mengikuti seleksi Pendamping Desa 2017 untuk Provinsi Sumatera Selatan, kini para pelamar tengah memasuki tahap tes wawancara, di Gedung Pasca Sarjana Universitas Sriwijaya (Unsri) yang terletak di Jalan Srijaya, Bukit Besar Palembang, Rabu (13/9).

Dari 1.044 orang yang sudah dinyatakan lulus tes tertulis oleh Tim Seleksi (Timsel) Pendamping Desa 2017 untuk Provinsi Sumsel, hanya 387 kursi yang tersedia. Sehingga akan ada sebanyak 657 pelamar yang dipastikan akan gugur.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sumsel Yusnin mengatakan, sebanyak 1.044 orang yang lulus tes tertulis ini tengah melanjutkan ke tahapan selanjutnya, yakni tes wawancara. Namun, ribuan pelamar ini melakukan tes wawancara secara bergiliran.

“Jadi secara bergiliran wawancaranya. Dimana tes ini dilakukan hingga 16 September mendatang. Saat ini wawancara tengah berlangsung dan kita harap berjalan lancar sampai nanti malam,” kata Yusnin.

Dalam tes wawancara yang digelar selama 4 hari ini, lanjut Yusnin, sehari dibagi tiga grup dan tiap grup terdiri lima pelamar dilakukan wawancara sekaligus secara bergiliran dengan durasi waktu sekitar 30 menit untuk melakukan wawancara di masing-masing grup.

Masih dikatakan Yusnin, tes wawancara dilaksanakan oleh Timsel mulai pukul 07.00 hingga 22.00. Memang tes terakhir ini terbilang cukup lama, karena jumlah peserta yang lulus tahap tes tulis mencapai ribuan sehingga berlangsung selama 4 hari.

“Jadi tes wawancara ini merupakan tahapan terakhir dan setelah 1.044 peserta ini mengikutinya barulah akan diumumkan kembali dan diambil 387 orang,” jelas dia.

Menurut dia, saat pengumuman akan diumumkan sebanyak 387 pelamar yang lulus. Dimana kuota tersebut dibagi untuk tiga posisi, yakni pendamping daerah (PD) sebanyak 309, pendamping lokal daerah (PLD) sebanyak 57 petugas dan tenaga ahli (TA) sebanyak 20 orang.

Setelah tes wawancara selesai pada 16 September malam, masih dilanjutkan dia, kemungkinan hasilnya dinilai oleh Timsel pada 17 September dan rencananya akan diumumkan pada 18 September mendatang.

“Untuk mengetahui apakah para pelamar lulus atau tidak, peserta dapat mengakses di website Kemendes RI, yakni www.kemendesa.go.id dan kemungkinan juga diumumkan di media,” pungkas Yusnin. #rio

 
Honor yang diperoleh :
 TA senilai Rp8.000.000
• PD senilai Rp4.000.000
• PLD senilai Rp2.500.000
x

Jangan Lewatkan

Sungai Musi Ditutup Tujuh Jam, Kapal Tongkang Dilarang Melintas

  Palembang, BP–Memasuki tahap pengerjaan girder kereta api ringan atau light rail transit (LRT) Palembang, khususnya di alur tengah Sungai Musi. PT Waskita ...