Home / Palembang / 12 Ribu Sambungan IPAL Perkotaan Dibangun

12 Ribu Sambungan IPAL Perkotaan Dibangun

Penandatanganan kontrak konstruksi pembangunan IPAL paket A1, Rabu (13/9).

Palembang, BP — Setelah direncanakan sejak 2012 lalu, akhirnya pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) skala perkotaan dibangun di Sei Selayur seluas 5,7 hektar. Pada tahap pertama ini akan diselesaikan 12 ribu sambungan di wilayah Palembang bagian timur.

Resmi dibangunnya IPAL skala perkotaan ini ditandai dengan penandatanganan kontrak konstruksi pembangunan IPAL paket A1 di Rumah Dinas Walikota, Rabu (13/9). IPAL tersebut merupakan hibah dari Australia dengan nilai 45 juta AUD (dolar Australia).

Tim Leader Construction Management Consultant KIAT, Ronald Van De Kuilland, mengatakan, pembangunan IPAL perkotaan ini memiliki tenggang waktu yang panjang. Sebab, pihaknya harus memasang pipa sepanjang 170 Kilo meter (Km). Hal ini dinilai butuh waktu sebab pipa akan dipasang di tengah ramainya rumah-rumah penduduk.

“Maka target pembangunan ditentukan pada 2022, semua pengerjaan selesai. Tahap awal ini adalah pematangan lahan, kemudian 2019 baru dimulai konstruksi,” katanya.

Ia mengatakan, IPAL dibuat dengan kapasitas 22 ribu sambungan rumah tangga. Hanya saja untuk tahap awal 12 ribu sambungan terlebih dulu. Nantinya, limbah akan disedot dari septic tank rumah tangga. Kemudian baru diolah diinstaslasi dan alirkan ke Sungai Musi dalam bentuk air yang bersih.

“Jadi dialirkan ke Sungai Musi bukan limbah lagi. Tapi air dalam keadaan bersih,” jelasnya. #pit

x

Jangan Lewatkan

APBD Palembang Bertambah Rp271 Miliar

Palembang, BP — Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 bertambah menjadi Rp3,425 triliun. Penambahan Rp271,7 miliar ini telah disetujui DPRD Palembang ...