Home / Headline / Sejarah Kota Palembang Harus Dilestarikan

Sejarah Kota Palembang Harus Dilestarikan

Palembang, BP

Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumsel H Husni Thamrin

Selama ini pengembangan seni, budaya dan sejarah di kota Palembang selama ini dilupakan , untuk itu dari segala sisi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pemerintah daerah terutama ke masyarakat harus memasukkan unsur seni, budaya dan sejarah Palembang .
“Sejarah di kota Palembang harus dilestarikan, kalau tidak ada yang menulis , tidak ada yang menceritakan, tidak ada yang mendogengkan, bagaimana mungkin anak-anak kita kedepan bisa tahu, baik sejarah berdirinya Palembang , Kesultanan Palembang Darussalam dan sebagainya,” kata Wakil Ketua Komisi I DPRD Sumsel H Husni Thamrin, Selasa (12/9).
Hal ini menurut politisi partai Demokrat ini, jika diseriusi akan membuat menarik para anak-anak dan akan lebih banyak mendalami sejarah.
“Dan sejarah ini juga berkaitan dengan cerita-cerita dan sebagainya , peristiwa dan sebagainya juga benda-benda bernilai sejarah dan ini harus di ketahui generasi muda , meskipun tidak harus mereka harus puja dan puji tapi paling tidak mereka tahu, banyak corak seni budaya dibuat nenek moyang kita bermakna semua , ukiran ini maknanya , bentuk kembang songket ini maknanya,” katanya.
Selain itu, kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah , kepada masyarakat paling tidak ada nuansa bahwa ini khas Palembang, khas Sumsel seperti makanan, bukan berarti tidak makanan modern seperti bakery dan lain-lain tapi makanan itu jenisnya itu jenis salah satu makanan khas Palembang, itu sudah dilaksanakan jangan sampai punah.
Sehingga masing-masing daerah berlomba-lomba untuk mempolulerkan makanannya masing-masing.
“Oleh karena itu ini menjadi program yang tak terpisahkan dari pemerintah daerah, dan masing-masing pemerintah daerah harus mengalokasikan dana ke lembaga atau organisasinya yang konsen ke seni, budaya dan sejarah, ketika organisasi itu memiliki perhatian dengan seni, budaya dan sejarah berikan anggarannya tapi harus seiring dan sejalan dengan organisasi yang memperhatikan tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia baik dari pendidikan formal, informal maupun pendidikan keagamaan harus diberikan perhatian oleh pemerintah,” katanya.
Sebaliknya menurutnya kawan-kawan bergerak di bidang organisasi seni, budaya dan sejarah itu terus menggali dan meyakinkan kepada pemerintah daerah.
“Sehingga sinergitas itu penting melalui unit atau SKPD yang membidangi itu,” katanya.

Sekretaris Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Sumsel Kemas Ari Panji

Sementara itu, heritage adalah kawasan yang memiliki benda cagar budaya, orang lebih ke benda atau bangunan lain tapi heritage tidak hanya gedung, lingkungan termasuk heritage, selain itu benda tak benda juga dilindungi seperti makanan, lagu, pantun , jika berumur lebih dari 50 tahun dan memiliki nilai historis.
Kota Palembang yang merupakan kota tua kini dilihat tidak kelihatan tuanya sebagai kota karena banyak bangunan baru dan bangunan lama banyak hilang dan di gusur padahal ada nilai historisnya kepada bangunan yang lama yang lebih dari 50 tahun.
Demikian dikemukakan oleh Sekretaris Masyarakat Sejarawan Indonesia Cabang Sumsel Kemas Ari Panji.
“Biarkan Palembang jadi rumah tua lalu di tata dan urus agar dia tetap dipertahankan kondisi yang ada, dalam hal ini kta tidak anti pembangunan ,” katanya.
Selain itu, dengan lagu-lagu asli Palembang dia menilai pihak terkait lambat dalam melindungi warisan tak benda tersebut.
Walaupun demikian, dirinya melihat sudah mulai titik kesadaran pemerintah daerah dalam menyelamatkan cagar budaya seperti membagi dua dinas yaitu Pariwisata dan Kebudayaan .
“Sudah ada kesadaran pemerintah untuk menginvetarisir walaupun agak terlambat dan munculnya komunitas sejarah , budaya dan sejarah yang peduli sejarah dan budaya Palembang, ini saya nilai bagus,” katanya.
Karena itu dia menghimbau, pemerintah daerah dan masyarakat agar peninggalan sejarah jangan hilang, kalau hilang susah mempertahankannya.
“BKB lebih ke istana kesultanan harusnya wisatanya wisata kesultanan Palembangdan sekarang ada ikon baru Tugu Belido depan BKB , harusnya jangan depan BKB cari tempat lain untuk Tugu Belido sehingga menciptakan lokasi wisata baru, walaupun demikian embangunan depan BKB diperbolehkan asalkan tidak melebihi bangunan utama di BKB , “ katanya.#osk

 

x

Jangan Lewatkan

Sungai Musi Ditutup Tujuh Jam, Kapal Tongkang Dilarang Melintas

  Palembang, BP–Memasuki tahap pengerjaan girder kereta api ringan atau light rail transit (LRT) Palembang, khususnya di alur tengah Sungai Musi. PT Waskita ...