Home / Pendidikan / Bahas Isu Perkembangan Tambang, PERHAPI Gelar Workshop

Bahas Isu Perkembangan Tambang, PERHAPI Gelar Workshop Pekan Working Group IV

PEMBUKAAN: Rektor Universitas Sriwijaya Prof Dr Ir H Anis Saggaff, MSCE saat membuka Pekan Working Group IV di Gedung Graha Bukit Asam Fakultas Tehnik Unsri, Selasa (12/9). (Foto: BP/SUGIARTO)

Palembang, BP–Berangkat dari mengupas tuntas isu-isu perkembangan tambang baik secara nasional maupun Internasional, Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI) menggelar Pekan Working IV yang digelar di Gedung Graha Bukit Asam Fakultas Tehnik Unsri, 12-13 September 2017.
Sederet permasalahan dan isu akan dapat dibahas dalam dialog dan workshop dengan diikuti oleh 168 peserta se-Indonesia dari berbagai latar belakang. Palembang menjadi host city pertama diluar pulau Jawa yang dipilih PERHAPI pada Pekan Working Group IV ini.
“Pekan Working Group IV ini akan membahas sejumlah info aktual. Dan ini pesertanya nasional. Mulai dari unsur Pemerintah, Akademisi maupun Mahasiswa,” ujar Ketua Pelaksana Pekan Working Group IV Dr Ir Restu Juniah MT pada acara pembukaan, Selasa (12/9).
Sambung Restu bahwa sederet keynote speaker dihadirkan untuk membahasa isu publik mulai dari eksplorasi dan perencanaan tambang, keselamatan kerja pertambangan, lingkungan pertambangan, hukum pertambangan dan CSR, Geoteknik, Ekonomi Mineral dan lain-lain.
“Ini adalah Pekan Working Group ke IV, sedangkan tiga sebelumnya telah digelar di ITB, UPN dan Tri Sakti,”tambahnya
Sementara itu, Rektor Universitas Sriwijaya Prof Dr Ir H Anis Saggaff MSCE sangat mengapresiasi dengan acara yang digelar oleh PERHAPI. Sehingga isu-isu publik tentang pertambangan baik tentang regulasi bisa dibahas.
“Apalagi kalau yang melaksanakannya mahasiswa, patut diberi reward. Artinya, ini adalah Asosiasi, kami sangat mendukung Asosiasi seperti ini,”ujar Anis usai membuka acara Pekan Working Group IV.
Menurutnya, Teknik Sipil sebagai salah satu jurusan tertua harus mencontoh dan memiliki asosiasi seperti teknik tambang. Sehingga tak hanya perkuliahan tapi juga diskusi publik bisa menjadi bahan wawasan terkait isu aktual.
“Visinya sama tapi misinya berbeda. Kalau PERHAPI selalu berpindah tempat dalam acara, kita berharap ke V, VI dan VI nanti bisa dilaksnakan di Unsri, saya sangat mensupport kegiatan seperti ini,”pungkasnya.
Dalam acara tersebut turut hadir Ketua Umum PERHAPI Ir Toko Ardhyanto AR MSc, MBA, M.Eng-AM dan sejumlah praktisi pertambangan. #sug
x

Jangan Lewatkan

Marzuki Alie Tinggalkan Maaf ke IKA Unsri

Palembang, BP — Setelah menahkodai ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitae Sriwijaya masa bakti 2013-2017 akhirnya, tibalah Marzuki Alie lengser menyusul ...