Home / Palembang / Siap-siap Kinerja Camat Dinilai

Siap-siap Kinerja Camat Dinilai

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Palembang, Herly Kurniawan.

Palembang, BP — Kinerja camat di 16 kecamatan di Palembang akan dinilai oleh tim independen dan tim internal SKPD yang akan dilakukan pada Oktober mendatang. Hal ini dilakukan untuk melihat kinerja camat di wilayah tersebut.
Penilaian tersebut dalam kegiatan “Penilaian Keberhasilan Camat 2017”. Berbeda dari tahun sebelumnya, penjurian tahunan 2017 ini tidak hanya melibatkan tim internal, tetapi juga melibatkan tim independen yang terdiri dari media dan akademisi.
Kabag Pemerintahan Setda Kota Palembang, Herly Kurniawan mengatakan, tim independen berasal dari media dan akademisi. Ada tiga kategori yang akan dinilai oleh tim independent, yakni gotong royong dan partisipasi masyarakat dengan bobot nilai 40 persen. Ada 4 kriteria yang akan dinilai yaitu jumlah kehadiran masyarakat saat gotong royong, frekuensi kegiatan gotong royong yang dilakukam, upaya sosialisi dan efektifitas sosialisi gotong royong, dan hasil gotong royong.
“Penilaian gotong royong ini bobotnya paling besar karena merupakan program walikota,” katanya.
Herly mengatakan, penilaian kedua adalah kebersihan dan keindahan yang dinilai ada empat kriteria, yakni kebersihan drainase, pekarangan rumah, pinggir jalan dan keindahan taman, bobot nilainya 35 persen. Sedangkan penilaian ketiga adalah pengelolaan sampah, ada empat kriteria, yakni sistem pengelolaan sampah, ketersediaan tempat sampah di lingkungan rumah, pemisahan sampah, dan ketersediaan TPS.
Sedangkan, SKPD menilai paparan yang akan dilakukan oleh camat, ada empat kategori, yaitu penguasaan materi 40 persen, tampilan dan kesesuaian materi 20 persen. Cara penyampian materi paparan terdapat lima kriteria yakni suara, PD, ekspresi, kelancaran, efektifitas 20 persen.
Sementara ke empat, evaluasi dan tanggapan materi paparan dari narasumber setiap paparan dihadiri oleh dua pejabat. Kemudian ada wawancara kepada pihak yang dinilai, masing-masing SKPD akan mewawancarai dan melihat langsung pelayanan yang ada di kantor kecamatan masing-masing.
“Pada tahap penilaian akhir, semua nilai yang terkumpul dari SKPD dan tim independen akan jumlahkan. Penilaian tim SKPD 30 persen dan independet 70 dan nanti penentuan rangking diadakan dengan pleno terbuka yang dihadiri oleh seluruh tim penilaian,” jelasnya.
Ia menambahkan, penilaian dilakukan selama delapan hari. Selain itu, untuk penilaian, camat tidak diperbolehkan menyiapkan makan siang dan souvenir bagi para juri, jika melanggar pengurangan nilai sebesar 30 persen dari total nilai untuk mencapai objektivitas. “Sedangkan untuk dua kecamatan baru, akan diikutsertakan pada 2018 mendatang,” terangnya. #pit
x

Jangan Lewatkan

Minta Pembangun dan Penerbit SK Palsu Dihukum

Palembang, BP — PT Sebangun Bumi Andalas (SBA) melalui kuasa hukumnya meminta pembangun dan pemilik Hotel Ibis yang berada di Jalan ...