Home / Headline / PWI Pusat Lakukan Assessment Penguji Kompetensi Wartawan

PWI Pusat Lakukan Assessment Penguji Kompetensi Wartawan

Para peserta mengikuti psicological test dalam rangkaian assessment Dewan Pers yang berlangsung di aula Kantor PWI Pusat, Jakarta.

Jakarta, BP–Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, selaku lembaga penguji kompetensi wartawan dari Dewan Pers, melakukan assessment terhadap para penguji maupun calon penguji di aula Kantor PWI Pusat, Jakarta, Sabtu (9/9).

Sebanyak 101 peserta dari seluruh Indonesia, termasuk enam orang dari Sumsel yaitu Ocktaf Riady, Firdaus Komar, Jhon Heri, Afdhal Azmi Jambak, Hadi Prayogo, serta Iman Handiman mengikuti rangkaian assessment yang berlangsung marathon dari pagi sampai sore.

Assessment yang diadakan atas kerja sama Lembaga Psikologi Mata Hati ini, menurut Sekjen PWI Pusat Hendry Ch Bangun, bertujuan untuk menjaring dan menempatkan penguji dari PWI yang kompeten.

Melalui assessment ini PWI dapat melakukan pemetaan kemampuan dan potensi para penguji. Sejak ditandatangani Piagam Palembang pada 2010, telah disepakati empat standar dalam pers. Selain standar pelaksanaan kode etik jurnalistik, standar perlindungan wartawan, dan standar perusahaan pers, juga standar yang sedang dihadapi terkait UKW yakni standar kompetensi wartawan.

Setelah kebijakan yang mengharuskan wartawan memiliki standar, masalah berikutnya adalah perlunya lembaga yang kompeten untuk menguji wartawan.

“Karena PWI salah satu lembaga yang diminta oleh Dewan Pers untuk menguji kompetensi wartawan, PWI secara profesional meminta bantuan lembaga Mata Hati untuk menguji para calon penguji ini,” jelas Hendry.

Pada kesempatan ini assessment dibagi dalam tiga sesi, pertama psicological test, kedua interview, ketiga FGD dengan tema manajemen perusahaan pers. #fir

x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin Melaunching Program S2C

Palembang, BP—Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin resmi melaunching program Sumsel Smart and Care (S2C). S2C merupakan inovasi proyek perubahan ...