Home / Bisnis / Gesek Kartu Debit Tanpa PIN Tak Diperbolehkan

Gesek Kartu Debit Tanpa PIN Tak Diperbolehkan

Net

Palembang, BP–Mesin Electronic Data Center (EDC) pada merchant di sejumlah mal di Kota Palembang bisa transaksi tanpa PIN (personal identification number/nomor identifikasi pribadi). Bahkan, kasir pada tenant tidak meminta tanda tangan nasabah.

Hal ini dialami Maria (34) yang melakukan transaksi di salah satu bioskop di Kota Palembang. Dia baru menyadari akan pentingnya perlindungan data pribadinya setelah gencar diberitakan pelarangan penggesekan ganda (double swipe) dalam transaksi nontunai.

“Sejak ramai diberitakan soal pelarangan transaksi penggesekan ganda tersebut, saya juga khawatir, karena kasir merchant pernah menggesek kartu debit saya tanpa PIN menggunakan EDC Link,” katanya, Minggu (10/9).

Baca:  Juli, PIN Kartu Debit 6 Digit

Maria khawatir penggesekan kartu debit tanpa PIN ini mEmudahkan pencurian data dan informasi kartunya. “Kalau penggesekan ganda khawatir data tersebut di-hacker, kalau tanpa PIN ini saya khawatir malah bank yang bermain menjual data saya,” katanya.

Maria menyadari ketidaktahuanya di awal, membuat dirinya tidak ambil pusing karena kartu debitnya digesek tanpa PIN. Namun setelah imbauan Bank Indonesia terkait menghindari praktik penggesekan ganda dan tidak mengizinkan pedagang melakukan penggesekan ganda, membuat dirinya bertanya tentang keamanan transaksi debit.

Baca:  Juli, PIN Kartu Debit 6 Digit

“Kalau kartu kredit mungkin bisa dimaklumi, tapi kalau transaksi kartu debit bisa tanpa PIN, saya justru khawatir saldo saya ditarik tanpa ada laporan yang masuk. Karena tidak mungkin setiap saat harus cek saldo,” katanya meragukan layanan kartu debit ini.

Sementara itu, Manager Bisnis BNI Wilayah Palembang Rizal Marsuci mengatakan, transkasi kartu debit tanpa PIN ini tidak diperkenankan. Sebab di sini merchant wajib menanyakan kepada pelanggan apakah mau menggunakan PIN atau tidak (signature) dan di sini konsumen wajib menanyakan mengapa tidak ditanda-tangani.

Baca:  Juli, PIN Kartu Debit 6 Digit

“Kalau transaksi tersebut tidak ditandatangani, maka bisa gagal secara administrasi dan dana dapat dilakukan pendebetan kembali dari rekening merchant ke pemegang kartu apabila konsumen sudah melapor ke bank penerbit kartu,” katanya.

Kepala Bank Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Rudi Khairudin mengatakan, pihaknya akan cek kembali terkait hal ini. Sebab, debet harus merilis transaksi harus pakai PIN. “Nanti kita akan cek detil informasinya, sebab debet harus merilis transaksi harus pakai PIN,” katanya.#ren

x

Jangan Lewatkan

Alex Noerdin Melaunching Program S2C

Palembang, BP—Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin resmi melaunching program Sumsel Smart and Care (S2C). S2C merupakan inovasi proyek perubahan ...