Home / Pendidikan / 71 Perusahaan Rekrutmen Terbuka Semua Lulusan di SMKN II Palembang

71 Perusahaan Rekrutmen Terbuka Semua Lulusan di SMKN II Palembang Job Fair and Job Matching Program Kemendikbud RI

Kepala SMK Negeri II Palembang Drs H Zulkarnain MT (foto: BP/SUGIARTO)

Palembang, BP — Berdasarkan arahan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, SMK Negeri II Unggul Palembang ditunjuk untuk menjadi pilot projek penyelenggaraan Job Fair and Job Matching SMK se-Sumatera Selatan yang mulai dibuka untuk umum semua lulusan pada 11-16 September 2017 di SMK Negeri II Palembang.

Tak tanggung-tangung sebanyak 71 perusahaan nasional dan internasional akan ikut tampil melakukan rekrutmen dan juga diikuti 113 perusahaan sebagai partisipasi.

“Ini adalah momen bagi industri untuk promosi dan merekrutmen tenaga kerja pada satu titik di SMK Negeri II Unggul Palembang. Dan tentu kesempatan emas bagi para pencari kerja,”ujar Drs H Zulkarnain MT saat dibincangi BeritaPagi disela-sela Persiapan Job fair and Job Matching, Sabtu (9/9).

Kepala SMK Negeri II Palembang Drs H Zulkarnain MT saat meninjau persiapan Job Fair and Job Matching pada 11-16 September 2017 mendatang. (foto: BP/SUGIARTO)

Oleh karena itu, dirinya menghimbau kepada semua lulusan SMA pada umumnya dan SMK pada khususnya untuk ikut andil dalam persaingan rekrutmen kerja ini karena banyak perusahaan besar skala nasional dan internasional.

Mulai dari Bank BNI, Waskita, Astra Daihatsu, Trans Studio, Auto2000, Hotel Horison Ultima, Hotel Arista, Astra Honda Motor, Samsung, Panasonic, Telkom Indonesia, Global Mobilindo, IM Japan, Bumi Putera, Wardah dan puluhan perusahaan bergengsi lain.

“Dan ini gratis dan bisa diikuti semua lulusan minimal diutamakan 2016/2017 dan terbuka bagi siapa saja,”jelas Zulkarnain.

Tidak menurup kemungkinan lulusan sebelum 2016/2017 juga bisa ikut andil karena sebagian perusahaan banyak juga yang menerima calon tenaga kerja pada lulusan sebelum 2016/2017.

Pada program Kemendikbud RI tahun 2017 ini akan dihadiri Kemendikbud RI bidang pemasaran lulusan dan kerjasama industri RI, Dinas Pendidikan Sumsel, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumsel, dan Dewan pendidikan.

“Dan nanti juga akan dilakukan Memorandum of Understanding secara simbolis antara Daihatsu bersama Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan dan juga disaksikan dari Kemendikbud RI,”terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo MPd mengatakan bahwa memang agenda Pemerintah Sumatera Selatan selain peningkatan mutu pendidikan juga mendorong dan memastikan lulusan vokasi familiar denga  bidang yang akan digelutinya kelak yaitu salah satunya dunia industri otomotif, menguasai dan siap kerja melalui praktik yang up date dengan teknologi terkini.

“Makanya kita gandeng Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) sebagai calon user lulusannya agar mutu pembelajar baik dan siap familiar dengan kerja,”jelasnya.

Widodo menghimbau Job Fair and Job Matching ini bisa dimanfaatkan dan menjawab bagi para pencari kerja lulusan SMK dan SMA pada umumnya untuk ikut dalam perebutan dunia kerja ini. #sug

x

Jangan Lewatkan

Pungut Paksa Iuran, Kadisdik Ancam Pecat Kepsek

  Palembang, BP— Mencermati keluhan masyarakat tentang sumbangan paksa sekolah terhadap wali murid, Dinas Pendidikan Sumsel akan mengambil langkah tegas ...