Home / Headline / Manfaatkan Keberadaan Posbindu PTM ‘Sejahtera’

Manfaatkan Keberadaan Posbindu PTM ‘Sejahtera’

Sekayu, BP–Dalam rangka  kepedulian terhadap pentingnya kesehatan masyarakat, Pemkab Muba melalui Dinas Kesehatan unit penelitian dan pengabdian masyarakat Akademi Keperawatan Muba, mendirikan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) ‘Sejahtera’. Diresmikan langsung oleh Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Muba di Kampung Sekate, Kelurahan Soak Baru, Kecamatan Sekayu, Kamis (7/9).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba dr Taufik Rusydi, MKes menjelaskan, Posbindu PTM merupakan salah satu upaya kesehatan berbasis masyarakat yang bersifat promotif dan preventif dalam rangka deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik, yang mana tujuannya adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM.
Ketua TP PKK Kabupaten Muba Hj Thia Yufada dalam sambutannya mengatakan, pemberdayaan masyarakat merupakan subjek sekaligus objek dari sistem kesehatan. Dalam dimensi kesehatan, pemberdayaan merupakan proses yang dilakukan oleh masyarakat dengan atau tanpa campur tangan pihak luar untuk memperbaiki kondisi lingkungan, sanitasi dan aspek lainnya langsung maupun tidak langsung berpengaruh dalam kesehatan masyarakat.
“Pembangunan sektor kesehatan di Indonesia saat ini lebih dititik promotif atau upaya preventif dan promotif atau upaya pencegahan dan promosi kesehatan bukan berfokus pada pengobatan dan rehabilitas, salah satu upaya pemerintah dalam pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) yang bersifat promotif dan preventif adalah dengan membentuk Posbindu PTM, oleh karena itu kepada masyarakat setempat manfaatkan keberadaan Posbindu ini,” imbuhnya.
Laporan ketua pelaksana, Boby Arsanto selaku Ketua RT di Kelurahan Kampung Sekate mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muba melalui Dinas Kesehatan unit penelitian dan pengabdian masyarakat Akademi Keperawatan Muba, telah mendirikan Posbindu PTM.
“Sudah banyak penelitian kesehatan yang dilakukan di Kampung Sekate ini, masyarakat sangat antusias dibuktikan dengan pelatihan dan pembinaan kader kesehatan, serta warga sangat aktif bertanya dan diskusi saat pembinaan, keberadaan Pobindu ini sangat baik dan bertujuan untuk mencegah penyakit tidak menular, diharapkan program ini dapat secara terus menerus dilaksanakan, sehingga meningkatkan derajat kesehatan untuk masyarakat setempat,” tuturnya.#arf
x

Jangan Lewatkan

Mobil Pak Kades Tabrak 3 Mobil, 1 Motor, dan Dinding Masjid Agung

Palembang, BP–Sebuah mobil Mitsubishi Pajero Sport BG 1457 IS yang dikendarai Sahirman (39), Kepala Desa (Kades) di Kabupaten OK,I menabrak ...