Home / Headline / Pelayanan Samsat Sumsel Tutup Tiga Hari

Pelayanan Samsat Sumsel Tutup Tiga Hari

Buka Lagi 4 September
 
Palembang, BP–Pelayanan pembayaran pajak kendaraan baik roda dua maupun roda empat di Kantor Samsat yang berada di wilayah Sumatera Selatan akan diliburkan selama tiga hari, mulai 1-3 September 2017. Wajib Pajak (WP) bisa melakukan pembayaran terakhir pada Kamis (31/8).
Kepala UPTB PLG II Herryandi Sinulingga, AP mengatakan, adanya libur pelayanan ini mengacu kepada instruksi dan berpedoman kepada SE Pembina Samsat, 29 Agustus 2017 tentang pelayanan kantor bersama Samsat menjelang libur bersama Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah.
“Jadi dari 1 sampai 3 September memdatang seluruh point layanan Samsat tidak dibuka dan kami kembali melayani pada 4 September 2017,” kata Lingga, Rabu (30/8).
Dikatakan Lingga, mengacu kepada Perda No 3 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dan Pergub No 11 Tahun 2012 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah bahwa Pajak kendaraan yang jatuh tempo saat bersamaan dengan Hari Libur Nasional tidak akan dikenakan denda jika setelah sehari dari tanggal libur tersebut WP membayar pajak kendaraannya:
“Besok (hari ini-red) Samsat terakhir melayani. Tidak dikenakan denda artinya jika jatuh tempo pada saat libur, 4 September WP harus membayar pajak kendaraan bermotornya,” ungkap dia.
Ia juga menambahkan, perlu diketahui masyarakat pajak kendaraan sudah dapat dibayarkan 30 hari sebelum jatuh tempo yang tertera di Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) pemilik kendaraan tersebut.
Kepala Bapenda Provinsi Sumsel Marwan Fansuri mengungkapkan, sebagai tindak lanjut keputusan bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No 684 Tahun 2016, No 302 Tahun 2016 dan No SKB/02/Menpan- RB/11/2016 tanggal 21 November 2016 tentang Hari Libur Nasional dan cuti bersama 2017.
Lalu, sambung Marwan, sesuai keputusan Presiden Republik Indonesia, No 18 Tahun 2017, 16 Juni 2017 tentang cuti bersama serta SE, Gubernur Sumsel No.800/1535/BKD.I/2017, 16 Juni 2017 tentang cuti bersama 2017.
“Maka berdasarkan surat edaran dimaksud pelayanan kantor bersama Samsat juga tidak dibuka alias diliburkan,” tambah dia.
Sementara itu, Wadirlantas Polda Sumsel AKBP Dwi Sulistyawan menambahkan, jadi kantor bersama Samsat dan sentra-sentra layanan Samsat lainya di wilayah hukum kepolisian Sumsel tidak melakukan pelayanan Samsat 1 hingga 3 September 2017. Pelayanan Samsat sendiri kembali dibuka Senin (4/9).
“Kita harap seluruh wajib pemilik kendaraan bermotor di Sumsel yang STNK tahunannya yang belum disyahkan dan jatuh tempo termasuk pajak kendaraan bermotornya yang jatuh tempo pada hari libur bersama dimaksud maka dapat segera membayarkan sebelum hari libur dimaksud,” tutupnya. #rio
Baca:  OI Bakal Miliki Samsat Desa
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Soroti Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan di Palembang

Palembang, BP Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Palembang menyoroti kasus-kasus kekerasan dengan perempuan sebagai korban. Setidaknya, ada 62 kasus hukum terkait ...