Home / Pemerintahan / Debat Konstitusi Pertajam Mahasiswa Melakukan Teori

Debat Konstitusi Pertajam Mahasiswa Melakukan Teori

Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono

Jakarta, BP–Sekjen MPR RI Ma’ruf Cahyono mengharapkan, lomba debat konstitusi antar mahasiswa seluruh Indonesia mendapat manfaat besar karena banyak bergulat dengan konsep dan teori, kemampuan berwacana serta beragumentasi tentang konsep berkonstitusi. Dan bagaimana membangun pola pikir kritis, intelektual, maupun cara membuat draft regulasi tentang konstitusi.  

“MPR ingin melakukan penataan sistem negara. Oleh karna itu lomba debat konstitusi ini untuk mempertajam para peserta melakukan teori,” ujar Ma’ruf Cahyono di Gedung MPR, Jakarta, Sabtu malam (26/8), ketika memberi sambutan pada acara Lomba Debat Konstitusi Tingkat Nasional dan Constitutional Drafting.
Salah seorang pimpinan Badan Pengkajian MPR RI, Martin Hutabarat, menegaskan, peserta Lomba Debat Konstitusi yang diikuti mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia diharapkan dapat mengenal lebih dalam nilai-nilai Pancasila. “Ini yang kita harapkan ke depan agar adik-adik mendalami makna Pancasila,” tutur Martin.
Menurut Martin, perhelatan debat konstitusi ini akan menjadi contoh bagi generasi muda untuk lebih memaknai persatuan dan kesatuan, mengingat MPR selama ini selalu konsen terhadap Pancasila, mulai dari sosialisasi empat pilar hingga mengadakan debat konstitusi.
Martin mencontohkan,  Uni Soviet berantakan menjadi 15 negara bagian, karena saat reformasi mereka lupa persatuan.“Itu pelajaran bagi kita, Indonesia negara besar, 265 juta penduduk, 1.300 suku dari Sabang sampai Marauke tetap konsisten karena memiliki Pancasila,” kata Martin.
Untuk menjaga NKRI tetap bersatu, lanjut  Martin, MPR terus mensosialisasikan empat pilar Pancasila. Karena kita sadar bahwa Pancasila itulah merupakan pegangan kita dalam berbangsa dan bernegara. #duk
x

Jangan Lewatkan

Dinas PTSP se-Sumsel Diminta Gunakan KSWP

Palembang, BP Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi Sumatera Selatan menggelar Rakor Penyelenggaraan Dekonsentrasi Koordinasi dan ...