Home / Headline / Bus Air Terintegrasi LRT, Palembang Terima Bantuan Lima Unit

Bus Air Terintegrasi LRT, Palembang Terima Bantuan Lima Unit

Palembang, BP–Moda transportasi air terintegrasi Light Rail Transit (LRT) atau kereta ringan dalam kota menjadi salah satu tujuan Pemerintah Kota Palembang dalam menunjang Asian Games 2018. Bahkan saat ini permintaan bantuan Bus Air sudah di respon dan diterima oleh Kementerian Perhubungan RI.

Komitmen Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyetujui usulan Walikota Palembang dipertegas saat acara dialog kerja bersama untuk bangsa yang digelar di Universitas Sriwijaya, Sabtu (26/8). Budi Karya mengatakan, mode transportasi yang dibutuhkan Palembang untuk menunjang keberadaan LRT akan disetujui.

Budi Karya akan membantu lima unit bus air dan juga membantu pembangunan halte intermoda, yaitu halte transit yang menghubungkan antara LRT dengan angkutan lainnya. “Sesuai dengan usulan yang disampaikan oleh walikota, kita akan bantu Palembang yakni lima bus air dan pembangunan halte intermoda, untuk menunjang pelaksanaan Asian Games,” katanya.

Baca:  Gubernur Minta Masyarakat Bersatu Untuk AG

Ia meyakini, dengan keberadaan bus air dan halte intermoda ini akan sangat membantu aktivitas atlet maupun official dalam menggunakan jasa transportasi selama perhelatan asian games di Palembang. Selain itu tentu memberi keuntungan kepada Palembang, karena kota Palembang kembali memiliki mode transportasi modern yang akan menunjang perekonomian masyarakat.

Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, semakin majunya transportasi di Palembang saat ini sudah diperlukan moda transportasi yang terintegritas.
Berupaya melakukan inovasi guna mendapatkan mode transportasi terbaik untuk mendukung Asian Games, salah satunya transportasi air yang memanfaatkan keberadaan sungai musi

Baca:  Palembang Berpotensi Tuan Rumah Cabor Wajib

“Palembang mengupayakan penambahan bus air untuk menunjang moda transfortasi air. Kita sudah ajukan kepada Kemenhub dan mendapat respon baik. Saat ini kita baru memiliki beberapa bus air di Kota Palembang yang dikelola oleh Dishub,” katanya.

Menurutnya, jika moda transportasi ini akan diminati, maka bakal mengurai kemacetan. Karena itu, lanjut dia, sesuai arahan Menteri perhubungan yang mengatakan Palembang dapat menjadi contoh moda transfortasi yang terintegritas pihaknya pun akan terus mengembangkan ini.

Baca:  Asian Games, PHRI Janjikan 30 Hotel Baru

“Saat ini kita ada empat halte terintegrasi yang menyambung dari darat ke laut dan sebaliknya,” akunya.

Empat dermaga yang dimiliki saat ini yakni Dermaga Point BKB, Jakabaring, Kertapati dan 32 ilir. “Kedepan halte terintegrasi ini akan kita perbanyak. Sehingga saat masyarakat naik melalui moda transfortasi air dan singgah ke dermaga yang langsung terintegrasi ke halte bus transmusi,” jelasnya. #pit

x

Jangan Lewatkan

Heri Amalindo Meradang Melihat Bangunan Kantor DPKAD

PALI, BP–Pembangunan Kantor Dinas Pendapatan Keuangan dan Asset Daerah (DPKAD) mendapat sorotan tajam dari Bupati PALI Ir H Heri Amalindo, ...