Home / Headline / 25 Pelajar Sumsel Dikirim ke Tiga Negara Internasional

25 Pelajar Sumsel Dikirim ke Tiga Negara Internasional

BP/SUGIARTO
LOUNCHING: Lounching program student exchange to france di Aula SMA Negeri 1 Palembang, Kamis (24/8)

Palembang, BP–Berangkat dari menciptakan pola pikir dan wawasan yang luas bagi siswa SMA/SMK, Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel mengirimkan 25 pelajar SMA/SMK yang terpilih ke tiga negara Internasional.
Program yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Sumsel bekerjasama dengan tiga negara tujuan yakni Paris, Perancis dan  Swiss Zeland akhirnya menyeleksi 25 siswa dari ribuan siswa SMA/SMK di Sumsel.
Program ini nantinya, siswa akan menempuh pendidikan selama satu bulan di sekolah tujuan dengan harapan pola pikir, wawasan dan keilmuan akan lebih maksimal.
“Jadi siswa akan kita kirim dalam waktu dekat dan dibulan yang akan datang gantian siswa mereka yang akan datang ke Sumatera Selatan,”ujar Kepala Dinas Pendidikan Drs Widodo MPd usai Lounching program student exchange to france di Aula SMA Negeri 1 Palembang, Kamis (24/8).
Hadir dalam kesempatan tersebut, Asisten IV Bidang Administrasi Umum Pemprov Sumsel Joko Imam Santoso, Kepala SMA Negeri 1 Palembang Drs Nasrul Bani MM, dan sejumlah Kepala Sekolah SMA/SMK di Palembang.
Widodo menegaskan bahwa siswa yang dikirim bukan hanya belajar tentang sains dan teknologi di swiss zeland, Perancis dan Paris akan tetapi juga mengenalkan kearifan lokal yang ada di Sumatera Selatan.
Sehingga, ketika bicara Indonesia maka mereka tak hanya mengenal Bali tapi juga Sumatera Selatan yang memiliki kearifan lokal yang luar biasa. Mulai dari kuliner pempek kapal selam yang diakui sebagai kuliner yang fenomenal, sungai musi, jembatan Ampera dan lain sebagainya.
“Dan yang tak kalah penting adalah kita menjadi host city pesta olahraga bangsa-bangsa Asia dengan menyedot sedikitnya 45 negara yakni Asian Games 2018. Termasuk tiga negara macan dunia yakni Cina, Jepang dan Korea,”urainya.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Palembang Drs Nasrul Bani MM sebagai salah satu sekolah yang siswanya dikirim pada program ini menyampaikan agar siswa bisa menjadi inspirasi bagi siswa lainnya.
Pasalnya, kedepan program student exchange to france ini akan terus berkelanjutan hanya saja siswa harus mampu bekompetisi dalam seleksi.
“Karena keahlian minimal adalah bahasa Inggris, sehingga siswa bisa aktif memperkenalkan Palembang, Sumsel dan Indonesia pada umumnya,”terang Nasrul.
Termasuk juga sebagai sekolah yang memiliki predikat juara nasional sekolah sehat akan dipresentasikan sehingga mereka juga termotivasi selain pelajar yang dikirim juga termotivasi belajar di negara lain.
“Mereka sudah dibekali bahasa Inggris dan tetap membawa etika ketimuran. Dan ini free baik akomodasi, tempat tinggal dan lainnya. Hanya butuh membeli tiket menuju ke Paris, Perancis atau ke Swiss Zeland,”pungkasnya. #sug
Baca:  Sumsel Pecahkan Emas Perdana di Popnas Semarang
x

Jangan Lewatkan

UIN Raden Fatah Berduka

Palembang, BP Civitas akademika Universitas Islam Negeri Raden Fatah (UIN RF) Palembang berduka, salah satu dosen terbaiknya Drs. Kailani Mustafa, ...