Home / Headline / Sumsel Borong 8 Penghargaan Nasional Guru dan Sekolah

Sumsel Borong 8 Penghargaan Nasional Guru dan Sekolah

Palembang, BP
Masyarakat Sumatera Selatan patut bangga setelah provinsi ini kembali menorehkan prestasi nasional di bidang pendidikan. Kali ini, Sumsel berhasil memborong sebanyak delapan penghargaan untuk pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Tingkat Nasional 2017.
Lomba tersebut diikuti guru dan tenaga kependidikan dari 34 provinsi di Indonesia sejak 14 hingga 20 Agustus 2017, di Jakarta. Penghargaan sendiri diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin merasa bangga atas penghargaan juara tingkat nasional yang diborong Sumsel. Namun, bukan penghargaanya melainkan usaha untuk mendapatkan penghargaan tersebut dan ini merupakan hasil kerja keras para guru dan tenaga kependidikan di Sumsel.
“Saya sangat bangga atas prestasi yang telah diraih ini. Selamat kepada penerima, namun semua ini tak terlepas dari adanya peran seluruh warga di sekolah masing-masing yang menerimanya,” ungkap Alex saat menerima para pemenang, di Ruang Gubernur Sumsel, Senin (21/8).
Dikatakan orang nomor satu di Sumsel ini, 2017 ini Sumsel mengalami defisit hingga Rp850 miliar dan memiliki beban yang cukup berat. Tetapi, kondisi seperti ini tak hanya dialami Sumsel saja, melainkan seluruh provinsi yang ada di Indonesia.
“Kita saat ini lagi efisiensi, kalau tidak efisiensi apa pun yang kamu minta pasti saya kasih. Jadi, tolong mohon dimengerti dengan kondisi saat ini,” kata mantan Bupati Muba dua periode ini.
Dengan meraih banyak prestasi ini, sambung Alex, sudah sewajarnya. Terlebih dari dulu prioritas pembangunan sejak Alex menjabat sebagai Bupati Muba dan Gubernur Sumsel adalah pendidikan, kesehatan dan lapangan pekerjaan. Dicontohkannya, pendidikan tak semua anak di Sumsel bisa sekolah karena sekolah itu mahal, sehingga dibukalah akses sekolah gratis.
Untuk juara I nasional sekolah sehat, diharapkan Alex, seluruh sekolah di Sumsel dapat meniru untuk meraih prestasi ini, bukan hanya di jenjang SMA tetapu jenjang SD juga dan bukan sekolah negeri saja melainkan sekolah swasta juga.
“Dengan kekurangan kita ini, kita bukan provinsi terbesar dan terkaya tapi kita bisa menjadi tuan rumah Asian Games dan itu tak mudah. Jadi, kedepan para guru diminta untuk mampu bersaing, karena persaingan kedepan itu luar biasa dan berat,” tutur Alex.
Sementara itu, Kepala Disdik Provinsi Sumsel Widodo mengucapkan selamat untuk Sumsel yang telah meraih prestasi yang diselenggarakan Kemendikbud. Dengan meraih banyak penghargaan ini membuktikan jika sekolah gratis tak mengurangi mutu.
“Terbukti dengan mendapat juara terbaik se-Indonesia dan ini bukan rekayasa. Jadi kedepan saya harap ini menginspirasi bagi sekolah dan guru lainnya agar mampu bersaing di tingkat nasional,” pungkasnya. #adv
Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Tingkat Nasional Tahun 2017:
1. Wahyu Eko Romadhon SPd MM
Pemenang I Pengawas SMA Disdik Sumsel
2. Sri Astini SPd SD
Pemenang I Pengawas SD OKU Timur
3. Fransiska SPd AUD
Pemenang II Guru TK Al-Hikmah 2 Palembang
4. Masrohan SPd
Pemenang III Kepala SD N Bingun Teluk Muratara
5. Adi Kurniawan SPd
Pemenang III Laboran SMA N 2 Unggul Sekayu Muba
6. Fiksi Narsih
Pemenang III Laboran SMK N 1 Gelumbang Muara Enim
7. Susi Susantih SE
Pemenang III Pustakawan SMA N 2 Unggul Sekayu Muba
8. SMA N 1 Palembang
Pemenang I Nasional Sekolah Sehat
x

Jangan Lewatkan

Sungai Musi Ditutup Tujuh Jam, Kapal Tongkang Dilarang Melintas

  Palembang, BP–Memasuki tahap pengerjaan girder kereta api ringan atau light rail transit (LRT) Palembang, khususnya di alur tengah Sungai Musi. PT Waskita ...