Home / Sumsel / Anggaran KPU dan Bawaslu Sumsel Untuk Pilkada – Pilgub Sumsel 2018 Harus Diverifikasi

Anggaran KPU dan Bawaslu Sumsel Untuk Pilkada – Pilgub Sumsel 2018 Harus Diverifikasi

Agus Sutikno

Palembang, BP

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan  (Sumsel) telah melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) terhadap KPU dan Bawaslu Sumsel terkait anggaran pelaksanaan pilkada dan Pilgub Sumsel 2018.
        Namun DPRD Sumsel menilai NPHD saja belum cukup, karena itu sangat diperlukan verifikasi terhadap anggaran kepada KPU dan Bawaslu Sumsel tersebut.
        “ Jadi prinsipnya yang saya sampaikan di banggar itu , usulan anggaran KPU dan Bawaslu Sumsel itu harus ada yang memverifikasi , di sana yang memverifikasi adalah Kesbang, supaya enggak tumpang tindih,” kata Wakil Ketua Komisi III DPRD Sumsel Agus Sutikno, Minggu (13/8).
        Verifikasi dibutuhkan untuk mengetahui besar anggaran dari APBD dan APBN yang diterima oleh KPU dan Bawaslu Sumsel sendiri,” Jangan sampai APBN ada honor di APBD ada honor, ini umpamanya seperti itu,” katanya.
        Dan pihaknya sudah mendapatkan data-data tersebut dan akan disampaikan dalam pembahasan lebih lanjut.
        Dia mencontohkan KPU Jawa Barat (Jabar) yang mengusulkan anggaran Rp3 triliun  untuk pilkada setelah di verifikasi menjadi Rp 1,1  triliun.
“Dua-duanya hampir Rp800 miliar pokoknya kita minta di verifikasi agar jangan sampai tumpang tindih,” katanya.
Sebelumnya Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H.Alex Noerdin dan Ketua KPU  Sumsel H.Aspahani akhirnya menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) Pemilihan Gubernur/wakil gubernur Sumsel tahun 2018 bertempat Griya Agung, Selasa (25/7).
NPHD yang merupakan tahapan persiapan yang harus diselesaikan dalam pilkada serentak 2018 ini bernilai 318 M yang pencairannya dilakukan dalam dua tahun anggaran yaitu senilai 40 milyar tahun 2017 sedangkan sisanya 278 Milyar akan dicairkan pada 2018 mendatang.
Sedangkan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) bersama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan, juga telah menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Tahun 2018 mendatang di ruang rapat Gubernur,  pada Senin (7/8) lalu.
Penandatangan NPHD ini dilakukan oleh Gubernur Sumsel, Alex Noerdin dan Ketua Bawaslu Sumsel, Andika Pranata Jaya serta disaksikan oleh Kepala Bagian Keuangan Bawaslu RI, Budi Pekerti Luhur, Pimpinan Bawaslu Sumsel, Kurniawan, Kepala Sekretariat Bawaslu Sumsel, Ir. H. Iriadi dan segenap pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel.
Ketua Bawaslu Sumsel Andika Pranata Jaya  membenarkan hal tersebut dan secara kelembagaan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi atas penandatanganan NPHD ini dan akan langsung bergerak menyelesaikan pembentukan infrastruktur hingga ke tingkat paling bawah yaitu Pengawas TPS.
“Atas nama Bawaslu kami ucapkan terima kasih atas penandatanganan NPHD ini, sehingga kami mulai segera akan menyusun infrastruktur di 17 Kabupaten/Kota, terutama yang paling banyak adalah Pembentukan Pengawas TPS yang dialokasikan oleh KPU sebanyak kurang lebih 18 ribu di segenap penjuru Sumatera Selatan” kata  Andika, Jumat (11/8).
Bawaslu juga menyatakan komitmennya untuk bersinergi dengan tujuan Pemerintah Provinsi terkait citra Sumatera Selatan di mata publik internasional terkait momen penting Asian Games.
“Kami juga punya komitmen yang sama seperti pemerintah provinsi pada 2018 kami tahu ada momen asian games yang persiapannya juga akan dilakukan sejak sekarang, Juni kita Pilkada, Agustus kita Asian games beratrti momen tersebut harus kami jaga dengan baik. Bagaimana citra positif Sumatera Selatan dapat keluar dengan baik” pungkas Andika.
Gubernur Sumsel berharap MoU/NPHD antara Pemerintah Provinsi dan Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan yang berjumlah total 240 Milyar dengan rincian 20 Milyar di Tahun 2017 dan sisanya 220 Milyar pada Tahun 2018 dapat direalisasikan ditengah kondisi persiapan Asian games 2018 dan efisiensi oleh pemerintah pusat.#osk
Baca:  Muzakir: Golkar Tetap Dukung Syamsul-Abadi
x

Jangan Lewatkan

Gubernur Alex Minta Pengembang Segera Bangun Pasar Cinde

Palembang, BP–Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin meminta pengembang properti PT Magna Beatum yang tergabung dalam Aldiron Hero Group segera ...