Kenalkan Ketatanegaraan, Asmawati Gandeng Pelajar

279
Dialog publik antara Anggota DPD RI Asmawati dan para pelajar SMA LTI IGM Palembang, Jumat (11/8).

Palembang, BP

Berangkat dari menciptakan para generasi muda yang memahami tentang ilmu ketatanegaraan dan pemahaman karakter bangsa, Anggota DPD RI Sumsel Hj Asmawati melakukan dialog publik untuk mencermati perkembangan kondisi bangsa.
Setelah sebelumnya, melakukan dialog publik bersama mahasiswa Universitas Muhammadiyah, kemarin Asmawati menggandeng para pelajar SMA LTI IGM Palembang untuk berdialog dan diskusi publik.
“Dalam UUD sebetulnya tidak ada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), yang ada hanya NRI (Negara Republik Indonesia). Namun dalam 4 pilar biasanya disebut NKRI,” terang Asmawati dalam Dialog publik yang digelar di Gedung IGM, Jumat (11/8).
Dialog yang mengusung ‘Urgensi penataan sistem ketatanegaraan Indonesia melalui perubahan UUD NRI Tahun 1945 terebut dikatakan Asmawati bahwa perubahan dalam peraturan (amandemen) dilakukan berdasarkan isu yang sedang berkembang dalam masyarakat. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar memiliki payung hukum dalam bernegara.
“Oleh sebab itulah, amandemen itu butuh pengkajian yang mendalam,” ujarnya.
Sementara itu, Perwakilan Yayasan IGM Palembang Candra Satria menjelaskan, sosialisasi perubahan UUD NRI sangat baik dipahami siswa.
“Sebtulnya ketaatan kepada pemimpin selaras dengan ajaran agama. Oleh sebab itulah, diharapkan siswa bisa mengambil ilmu dalam dialog tersebut sehingga bisa menambah pengetahuan dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.
Menurutnya, pemahaman ini sangat penting diberikan kepada pelajar. Apalagi, pelajar saat ini mengalami literasi yang begitu cepat dari membaca  buku kearah membaca gadget. #sug