Nyaris Tewas, 2 Begal Diamuk Massa

293
Kayuagung, BP
 Dua residivis tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) atau begal, MR (17) dan AS (20), menjadi bulan-bulanan massa yang mengamuk. Beruntung keduanya cepat diamankan aparat kepolisian sehingga terhindar dari akibat yang lebih jauh.
Aksi anarkis terjadi karena masyarakat kesal dan geram atas perbuatan kedua lelaki tanggung yang beralamat tinggal di Tanjung Burung, Kelurahan Tangga Buntung, Kota Palembang itu.
Meski jauh dari kota asalnya, MR dan AS nekat melakukan pembegalan terhadap SFR (12) dan adiknya yang masih kecil.
SFR, pelajar asal Desa Lubuk Seberuk, Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), dicegat dan ditodong dengan senjata tajam jenis pisau oleh MR dan AS.
Informasi yang dihimpun menyebutkan, aksi begal kedua pelaku terhadap SFR terjadi Kamis (10/8) sekitar pukul 17.30, di jalan Lintas Timur Kampung II, Desa Lubuk Seberuk, Kecamatan Lempuing Jaya.
“Kami dicegat di jalan lintas timur, lalu pelaku langsung mendorong adik saya dan terjatuh. Setelah jatuh adik saya lari. Pada saat itu juga saya langsung ditodong oleh pelaku dengan senjata tajam jenis pisau, sehingga telapak tangan sebelah kanan saya luka,” ungkap SFR.
Kapolres OKI AKBP Ade Harianto, SH, MH melalui Kasat Reskrim AKP Haris Munandar H, SH, SIk didampingi Kapolsek Lempuing Jaya IPTU Sutioso, SH mengatakan, atas kejadian yang dialaminya, SFR mengadu ke keluarganya, lalu keluarga korban menghubungi Briptu Leo Kristian melalui Nomor Handphone Kring Reskrim Desa Lubuk Seberuk.
“Mendapat laporan dari keluarga korban, Briptu Leo Kristian bersama keluarga korban melakukan pengejaran mengarah ke arah Palembang,” jelasnya.
Sesampai di Blok R.8, Desa Muara Brunai 1, Kecamatan Lempuing Jaya, OKI pukul 19.30, terlihat MR dan AS akan memasuki lorong Nurul Iman dan langsung mereka ditangkap bersama masyarakat.
“Setelah berhasil ditangkap, Briptu Leo Kristian langsung menghubungi Kapolsek karena situasi di lokasi penangkapan massa sudah cukup anarkis,” Ungkapnya.
Kendati begitu, lanjutnya, para pelaku dapat diamankan dari amukan massa yang sudah cukup banyak. Briptu Leo Kristian sempat terkena pukulan massa pada saat mengamankan pelaku.
Saat ini, tambahnya, pelaku telah diamankan di Mapolsek Lempuing Jaya untuk menjalani proses sidik dan pengembangan jika ada laporan polisi (LP) lainnya. #ros