Home / Headline / Kejurnas Speed Rally Kembali Digelar di Inderalaya

Kejurnas Speed Rally Kembali Digelar di Inderalaya

Ketua Umum IMI Pusat Sadikin Aksa, Ketua Umum IMI Sumsel Augie Bunyamin, Bupati Ogan Ilir Ilyas Pandji Alam, dan jajaran Panitia Kejurnas Merdeka Rally 2017 saat menggelar keterangan pers di Griya Agung, Jumat (11/8).

Palembang, BP

Kejuaraan Nasional Speed Rally kembali digelar di Inderalaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan pada 18-20 Agustus 2017 setelah terakhir kali diselenggarakan pada 2008.

Ketua Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sadikin Aksa di Palembang, Jumat (11/8), mengatakan, kejurnas ini telah lama dinanti-nantikan kalangan pecinta balap mobil sehingga tak heran jika 10 besar ranking nasional dipastikan ambil bagian.

“Lintasan di Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir ini sangat dirindukan pebalap karena kontur tanahnya sangat lengkap, ada pasir, tanah dan lumpur. Saya sendiri yang pernah ikut balap di sini tidak pernah melupakan kenangan manis bisa mencapai top speed 200 km/jam di tikungan,” kata mantan pebalap nasional ini.

Dalam konferensi pers dengan didampingi Bupati Ogan Ilir Ilyas Pandji dan Ketua Pengurus Provinsi IMI Sumsel Augie Bunyamin, Aksa mengharapkan melalui kejurnas ini muncul pebalap muda berbakat.

Apalagi, ia melanjutkan, PP IMI membidik menjadi tuan rumah kejuaraan tingkat Asia Pasifik.

Hal ini untuk menindaklanjuti pembicaraannya dengan penyelenggara kejuaraan balap internasional di Swiss beberapa waktu lalu.

“Mereka sangat tertarik menggelar ajang balap rally di Asia pada tahun depan, karena rencana tahun ini terpaksa batal di Tiongkok akibat bencana banjir. Jika Indonesia yang dipilih tentunya kami akan mengajukan Inderalaya sebagai lokasinya,” kata dia.

Bupati Ogan Ilir Ilyas Pandji mengatakan kabupatennya sangat fokus pada kegiatan seperti ini karena dapat meningkatkan pengembangan sektor pariwisata.

Lokasi lintasan rally yang dapat dijangkau hanya dengan waktu 20 menit dari Palembang, menurutnya, menjadi keunggulan sendiri mengingat jadwal penerbangan Palembang-Jakarta mencapai 34 kali setiap harinya.

“Jika Inderalaya bisa menggelar kejuaraan tingkat Asia pada tahun mendatang tentunya akan banyak wisatawan asing yang datang ke kabupaten kami,” kata dia.

Kejurnas Speed Rally di Inderalaya ini merupakan seri 1, sedangkan seri 2 akan digelar di Medan, dan seri 3 di Makassar.

Setiap seri akan mempertandingkan dua kategori lomba yakni sprint rally sejauh 13,5 km, speed rally sejauh 140,68 km.

Pebalap yang ambil bagian di antaranya Ryan Nirwan, Rizal Sungkar, Priamanaya Djan, Subhan Aksa, Dian AP, dan Benny Lautan.

Ketua Pengprov IMI Sumsel Augie Bunyamin mengatakan hari ini telah tiba 34 tim pebalap untuk melakukan persiapan di Inderalaya.

“Besok tim dari Jawa Barat yang tiba, kemudian tim-tim lain akan menyusul,” kata dia.#sug

x

Jangan Lewatkan

BPPD Sumsel Tonggak Perkembangan Pariwisata Sumsel

Palembang, BP Walaupun berusia 1 tahun, namun peran Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumsel dinilai sebagai tonggak perkembangan pariwisata di ...