Home / Palembang / September Tugu Belido Diresmikan, Pasang Pompa Air

September Tugu Belido Diresmikan, Pasang Pompa Air

Palembang, BP — Dengan mempertimbangkan mesti diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), peresmian Tugu Belido diundur menjadi September.

Progress pengerjaan Tugu Belido di Benteng Kuto Besak (BKB) sudah mencapai 90 persen. Sempat ditargetkan akan diresmikan di 13 Agustus ini, Pemerintah Kota Palembang (Pemkot) melalui Dinas Kebudayaan Kota Palembang memastikan peresmian oleh Presiden Jokowi.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Tegoeh mengatakan, pihaknya optimis penyelesaian pengerjaan sesuai yang ditargetkan. Sebab, saat ini sudah tahap finishing. “Untuk penyelesaianya pemasangan dan finishing itu optimislah tidak lewat target,” katanya.

Ia mengatakan, peresmian direncanakan pada September mendatang sebab akan dilakukan oleh presiden bersamaan dengan kegiatan lain yang akan dilakukan di Palembang. Dimana, kegiatan launching akan dilaksanakan juga pemecahan rekor MURI (Musium Rekor Indonesia), gotong royong serentak di 107 Kelurahan di Kota Palembang secara live.

Seperti diketahui, pembangunan tugu Belido merupakan bantuan dana corporate social responsibility (CSR) PTBA sebesar Rp 3,3 miliar, seperti Merlion Park yang ada di Singapura, tugu Palembang menggunakan ikan belido, akan menyemprotkan air dari mulutnya mengarah ke sungai musi sepanjang 50 meter.

“Untuk menyemprotkan air itu maka dipasang pompa langsung dari dalam Sungai Musi untuk menyalurkan ke tangki dan ada juga pompa yang berfungsi untuk menyemprotkan air dalam mulut Belido,” jelasnya. Tugu Belido ini dilapisi dengan Perak yang sudah dicampur dengan bahan kimia seperti Potasium dan beberapa zat kimia lainnya.

Pelaksana Pembangunan Tugu Belido, Yohanes Renaldy, sebelumnya mengatakan, pada mulut ikan itu akan menembakkan air. Untuk menampung air pihaknya sudah menyiapkan tempat penampungan air dari Sungai Musi yang dilengkapi dengan mesin pompa. Setelah listrik semua sudah terpasang dan sudah dilakukan uji coba, pihaknya akan memastikan tembakan airnya mencapai 50 meter baru akan dilakukan proses selanjutnya.

Ia menjelaskan, Tugu Belido ini memiliki panjang 11 meter, berat 3 ton, dengan diameter dari punggung ke badan bawah 3,4 meter. Para pekerja mempercepat pengerjaan lukisan songket berwarna merah yang akan dibuat pada dudukan tugu ini. Selain itu, Tugu Belido ini juga akan dilengkapi dengan kolam akrilik yang berada tepat di samping Tugu Belido.#pit

x

Jangan Lewatkan

Arahkan Seniman Pentas di Pedesterian

Palembang, BP — Dipercantiknya kawasan Pedesterian Sudirman diharapkan selain menjadi tempat destinasi wisata baru di Palembang juga sebagai wadah para seniman di ...