Dandim Mura Dampingi Tim Sergab Mabes TNI AD Kunjungi Kantor Bulog Lubuklinggau

112
Palembang, BP
            Komandan Kodim 0406/Mura Letkol Inf Letkol Kav Dodi Syamsurizal, S.H. mendampingi kunjungan Tim Serapan Gabah dan Beras (Sergab) Petani dari Mabes TNI-AD, dalam rangka peninjauan terhadap gudang beras milik Bulog Kota Lubuklinggau, Jumat (11/8).
             Tim Sergab Pusat Mabesad, Kolonel Inf Sudrajat dan Kolonel Inf Edi Daso mengunjungi wilayah tanggungjawab Kodim 0406/Mura dalam rangka kegiatan pengecekan berkala terkait proses serapan gabah petani.
Kolonel Inf Sudrajat mengatakan bahwa kunjungan Tim Sergab Mabesad ke wilayah Lubuklinggau merupakan tindak lanjut dari hasil evaluasi bersama Dirut Bulog, Kementan, Ketahanan Pangan dan Aster KASAD pada tanggal 19 Juli 2017 di Jakarta yang lalu. Bahwa hasil pencapaian serapan gabah nasional masih belum mencapai 100 persen. “Untuk itu, selain mensukseskan program pemerintah bahwa Bulog harus mencapai target yang telah ditentukan pemerintah dan juga mensejahterakan petani. Karena pemerintah telah banyak menyalurkan bantuan kepada petani berupa alat pertanian, subsidi pupuk, bibit dan yang lainya,” terang Sudrajat.
Menurutnya, keterlibatan TNI dalam ketahanan pangan atas dasar MOU Presiden RI dan Panglima TNI yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia dan untuk mencegah mafia yang dapat merugikan pemerintah dan petani. “Diharapkan kepada Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Bulog dan TNI maupun petani dapat bekerjasama dengan baik. Hal ini untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani,” tambah Kolonel Inf Sudrajat.
            Sementara itu Dandim 0406/Mura Letkol Kav Dodi Syamsurizal, S.H. mengatakan, kunjungan Tim Sergab dilakukan sebagai bentuk pengawasan terhadap program pemerintah yang menggulirkan bantuan beras sejahtera (Rastra). “Kita sifatnya mendampingi kedatangan Tim Sergab Pusat Mabesad. Kegiatan kita sendiri melaksanakan rapat koordinasi strategi penyerapan gabah dari petani ke Bulog, kemudian secara langsung juga mengecek lokasi gudang Bulog dijadikan tempat penyerapan gabah petani”, jelas Dandim.
          Kepala Bulog Lubuklinggau Yonas Hariadi menyampaikan bentuk apresiasi pihak TNI AD bersedia berkunjung ke kantor untuk melakukan pengawasan secara langsung. “Kedatangan Tim Sergab Pusat Mabes TNI AD selain meninjau langsung proses penyerapan gabah petani, juga melaksanakan rapat koordinasi membahas strategi terkait penyerapan gabah petani oleh Bulog, Kita Bulog menyambut baik dan berikan apresiasi atas kedatangan pengawas langsung dari TNI AD”, ungkapnya.#osk