Home / Pendidikan / Gadget Semakin Mengancam, SMKN III Gandeng Wali Siswa

Gadget Semakin Mengancam, SMKN III Gandeng Wali Siswa

Palembang, BP
Proses pendidikan karakter pada era siswa belakangan ini penuh tantangan dan ancaman seiring perkembangan teknologi yang semakin gencar. Apalagi gadget saat ini sudah menyita daya pikir pelajar.
Berangkat dari hal tersebut, pendidikan keluarga menjadi hal yang urgent mengingat keluarga merupakan hal pertama seorang remaja sebelum menjalani pendidikan formal atau kerap disebut sekolah.
Filter penguatan seorang anak harus digodok sejak dini dalam pendidikan keluarga mengingat tantangan derasnya pergaulan bebas mulai merong-rong remaja saat ini di era gadget yang mulai melenceng penggunaannya.
Demikian disampaikan Kabid Disdik Sumsel Bonny Syafrian pada event Penguatan Pendidikan Keluarga Meningkatkan Kapasitas Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak yang digelar oleh SMK Negeri III Palembang, Kamis (10/8).
“Gadget adalah tantangan paling berat saat ini. Makanya, saya pesankan kepada para orang tua bisa membatasi dan memberi pengertian tentang penggunaannya,” terang Bonny.
Hal tersebut cukup beralasan menurut  Bonny lantaran seorang remaja banyak bergaul di lingkungan luar ketimbang di rumah.
“Misalnya siswa bolos dan lain sebaga nya. Ini kan harus terjalin komunikasi antara wali siswa dan juga guru,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Negeri III Palembang Hj Ernawati MSi mengatakan bahwa acara ini diharapkan membuat para orang tua bisa membekali anak agar memberikan nilai-nilai karakter di rumah.
“Ini penting bagi perkembangan anak, makanya kita memberikan pelatihan ini bagi orang tua wali agar nantinya saat anak sekolah juga tak hanya cerdas tapi juga berkarekter,” katanya.
Ernawati mencatat bahwa perkembangan psikologi anak untuk lebih belajar cenderung meningkat persentasenya usai diberi pemahaman maksimal dalam pendidikan keluarga. Baik itu kognitif maupun psikomotorik.
“Jadi gak bisa sepenuhnya orang tua langsung menyerahkan anaknya ke sekolah agar semua bisa menjadi baik dalam hal kecerdasannya maupun karakternya. Oleh sebab itu, dua-duanya harus balance yaitu pendidikan sekolah dan pendidikan keluarga,” katanya. #sug
x

Jangan Lewatkan

UKB Incar Akreditas A di Tahun 2020

Palembang, BP — Sebagai salah satu kampus swasta terkemuka di Palembang, Universitas Kader Bangsa (UKB) terus melakukan upaya peningkatan kualitas ...