Home / Headline / Tujuh Kawasan Palembang Rentan Kebakaran

Tujuh Kawasan Palembang Rentan Kebakaran

Palembang, BP

Memasuki musim kemarau rentan terjadi kebakaran terutama di tujuh wilayah padat penduduk di Kota Palembang. Hal tersebut disebabkan oleh kelalaian masyarakat dan juga konsleting listrik.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kota Palembang, Edison mengatakan, wilayah yang rentan terjadi kebakaran yakni di Seberang Ulu I, Seberang Ulu 2, Ilir Timur 1, Ilir Timur 2, Ilir Barat 2, Kertapati dan Plaju.

 

“Seperti di Ilir Timur 1 itu kawasan yang padat 13 Ilir, 14 Ilir, rentan terjadi kebakaran,” katanya usai Sosialisasi Pencegahan Kebakaran kepada tokoh masyarakat, RTdan RW, Rabu (9/8).

 

Ia mengatakan, rentan terjadi kebakaran di kawasan padat penduduk penyebabnya didominasi oleh kelalaian manusia juga konsleting listrik atau arus pendek karena secara sembarang memasang jaringan kabel tanpa sepengetahuan PLN

Baca:  Diduga Tak Ada Penjagaan, Kantor DPRD PALI Ludes Terbakar

 

“Pada umumnya karena arus pendek, kelalaian manusia seperti lupa mematikan setrika, kompor. Kemudian tidak memnuhi standarisasi PLN tanpa tahu bahayanya,” jelasnya.

 

Dikatakannya, maka perlu adanya kesepemahaman dengan masyarakat untuk menghindari kebarakaran yang terjadi di lingkungan masyarakat. Sebab, sejak masuk musim kemarau ini, grafik kasus kebakaran yang ditangani oleh DPKPB terus meningkat. Pada Juni lalu terjadi 18 kasus dan Juli 21 kasus kebakaran.

 

“Penyebabnya karena hal kecil, membakar sampah karena kering api merambat kemana-mana dan lainnya,” ujarnya.

Baca:  Korban Kebakaran Minta Keringanan Bank

 

Untuk lebih mempermudah jangkauan saat terjadi kebakaran maka, DPKPB menyediakan tujuh post pemadam kebakaran, Post Alang – Alang Lebar (AAL), Sako, Gandus, Merdeka, Benteng Kuto Besak (BKB), SU 1 dan SU 2.

 

“Dengan 26 armada yang disebar di tujuh post. Termasuk di daerah perairan kita siapkan 2 speedboat damkar,” tukasnya.

 

Selain yang telah ada saat ini, pihaknya akan menambah satu pos pemadam kebakaran di Jalan R Sukamto, Kecamatan Kemuning. Penambahan ini akan selesai pada September tahun depan, atau secepatnya sebelum Asian Games. Setelah itu, pihaknya juga akan menambah tiga pos lagi di IB 1, IT 2 dan Jakabaring.

Baca:  Tiga Kebakaran Terjadi di Palembang

 

“Hal ini untuk mengimbangi wilayah Palembang yang luas dengan penyebaran post dan untuk memenuhi respon 15 menit sudah sampai di lokasi kebakaran,” jelasnya. #pit

 

Sebagai informasi, berikut nomor pos pemadam kebakaran dan penanggulangan bencana:

– Kantor Dinas Jalan Merdeka, nomor telpon (0711) 312011, 113

– Pos Seberang Ulu 1, nomor telpon (0711) 510743

– Pos Seberang Ulu 2, nomor telpon (0711) 519003

– Pos Sako, nomor telpon (0711) 822532

– Pos Alang-Alang Lebar, nomor telpon (0711) 7423500

– Pos Gandus, nomor telpon (0711) 447113

x

Jangan Lewatkan

Nopran Klaim SK Gerindra dan PKS Segera Keluar

Palembang, BP Bakal calon Bupati lahat, Nopran Marjani mengklaim bahwa surat keputusan (SK) dua partai PKS dan Gerindra akan segera ...