Home / Headline / Pertama di Sumsel, Pemkab Muba Luncurkan KSWP

Pertama di Sumsel, Pemkab Muba Luncurkan KSWP

Bupati Musi Banyuasin H Dodi Reza Alex Noerdin bersama Kepala Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung Muhammad Ismiransyah M Zain meluncurkan program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) di Auditorium Pemkab Muba, pada Selasa (8/8).

Sekayu, BP

Kepala Kanwil DJP Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung Muhammad Ismiransyah M Zain bersama Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Dodi Reza Alex Noerdin secara resmi meluncurkan program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP), di Auditorium Pemkab Muba, pada Selasa (8/8/2017).

Kakanwil yang akrab disapa Rendy ini menerangkan KSWP sendiri adalah aplikasi layanan berbasis web yang dijalankan di badan perizinan pemerintah daerah untuk memastikan  bahwa permohonan  izin seperti, Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) dan lain-lain telah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan telah menyampaikan SPT tahunan selama 2 tahun berturut-turut.

Baca:  Dinilai Cepat dan Tegas, Dodi Pimpin Mabicab Pramuka

“KWSP sendiri dilaksanakan sebagai amanat dari instruksi presiden nomor 7 tahun 2015 tentang pencegahan dan pemberantasan korupsi yang wajib dilaksanakan oleh tujuh kementrian dan lembaga terhadap layanan publik, serta Permendagri nomor 12 tentang Konfirmasi Status Wajib Pajak dalam pemberian layanan publik tertentu di lingkungan pemerintah daerah,” jelasnya.

Penerapan KSWP antara DJP dengan Pemkab Muba lanjut Rendy, akan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dengan KSWP, pendapatan asli daerah yang berasal dari dana bagi hasil akan meningkat, karena KSWP dapat menjaring wajib pajak yang belum terdaftar atau wajib pajak yang telah terdaftar, namun tidak melaporkan SPT tahunannya untuk melaksanakan kewajiban perpajakan secara tertib.

Baca:  Diklat Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian Keahlian Muba TA 2017

“Dengan adanya aplikasi KSWP diharapkan kepatuhan wajib pajak yang berkaitan dengan perpanjangan perizinan, bisa dilihat dulu konfirmasi kewajiban pajaknya,” harapnya.

Sementara Bupati Muba H Dodi Reza Alex Noerdin merasa bangga atas cepatnya kinerja instansi terkait sehingga Muba menjadi kabupaten pertama di Sumsel yang meluncurkan program KSWP.

“Hal ini menandakan, sinergi dan komitmen instansi terkait dalam kemajuan dikonteks penggunaan IT sudah sangat baik, Muba tentunya terus bergerak maju dan berjaya,” tukas Dodi.

Baca:  Jadi Ketua Tikor Bansos Pangan, Sekda Muba Pastikan Penyaluran Tepat Waktu

Dodi menambahkan potensi pajak di Muba yang begitu pesat baik dari pengusaha mikro hingga perusahaan-perusahaan besar memang sangat berpengaruh bagi pembangunan infrastruktur.

“Saya berharap dengan kemudahan yang diberikan program KSWP akan meningkatkan motivasi para pengusaha untuk membayar pajak,” imbuhnya.#arf

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Minta Inventarisir Ulang Lahan Pemprov Yang di BOT

Palembang, BP   Juru bicara Fraksi PDI Perjuangan HA Syarnubi SP MM meminta perhatian pemprov melalui BPKAD bidang aset untuk ...