Home / Pemerintahan / Ma’ruf Cahyono: MPR Gelar Tiga Agenda Besar Pada Agustus 2017

Ma’ruf Cahyono: MPR Gelar Tiga Agenda Besar Pada Agustus 2017

Sekjen MPR RI Ma’ruf Cahyono

Jakarta, BP

Sekjen MPR RI Ma’ruf Cahyono menjelaskan,  pada Agustus 2017  MPR RI akan melaksanakan tiga agenda besar yakni Sidang  Tahunan MPR  16 Agustus, Peringatan Hari Konstitusi 18 Agustus dan peringatan HUT MPR 29 Agustus.  “Sidang tahunan ini menjadi satu rangkain dengan kegiatan sidang  lain bersama DPR dan DPD, serta sidang DPR terkait dengan nota keuangan RAPBN 2018,” ujar Ma’ruf di Gedung MPR, Jakarta, Rabu (9/8).

Menurut Ma’ruf,  Sidang Tahunan MPR  merupakan mandat dari peraturan Tata Tertib MPR No. 1 Tahun 2014 yang menyebutkan, MPR memfasilitasi penyelenggaraan Sidang Paripurna serta MPR  menyampaikan laporan kinerja kepada masyarakat.

 Sidang Tahunan ini lanjut Ma’ruf  sangat strategis, karena  seluruh kinerja lembaga negara disampaikan ke masyarakat, meskipun format yang  sekarang masih dalam laporan kinerja lembaga negara. Lembaga negara dimaksud  seperti  MPR, DPR, DPD, BPK, MA, KY, MK dan   kepresidenan.

Sebelumnya  Rapat Gabungan  antara Pimpinan MPR, Pimpinan Fraksi dan Kelompok DPD yang  didahului  rapat pimpinan  mempersiapkan bahan rapat gabungan dalam rangka persiapan pelaksanaan tiga agenda MPR pada Agustus 2017. Rangkaian agenda kenegaraan sidang tahunan tersebut akan dihadiri  presiden dan wakil presiden,  pimpinan lembaga negara dan  seluruh anggota MPR.

Dia berharap,  memperingati   Hari Konstitusi bisa  dihadiri  Presiden dan pimpinan lembaga Negara. Presiden diharapkan memberikan  pidato   dan dilanjutkan dengan Pidato Ketua MPR dan grand final Lomba Cerdas Cermat (LCC) MPR tingkat nasional.
“Yang lebih penting dalam Hari Konstitusi adalah  kita melakukan refleksi dan evaluasi terhadap jalannya konstitusi. Oleh karena itu yang akan disampaikan dalam pidato Hari Konstitusi dan grandfinal LCC MPR ada kaitannya dengan bagaimana konstitusi  dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Ma’ruf.

Untuk rangkaian HUT ke-72 lanjut Ma’ruf,  MPR juga menggelar acara jalan sehat pada  27 Agustus , 28 Agustus grand debat konstitusi, dan 29 Agustus acara MPR Berdoa. Seluruh cara diupayakan  melibatkan banyak elemen masyarakat agar Empat Pilar MPR dilaksanakan di masyarakat.

“Kita berharap  kualitas Sidang Tahunan MPR 2017  meningkat. Materi yang disampaikan kepada masyarakat lebih mewakili kinerja lembaga negara yang belum disampaikan kepada masyarakat,” tutur Ma’ruf. #duk
Baca:  Silang Pendapat Soal SARA Harus Sudah Selesai
x

Jangan Lewatkan

Perbedaan Merupakan Anugerah dan Menjadi Kekuatan

Jakarta, BP–Wakil Ketua MPR RI EE Mangindaan mengatakan, Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, bahasa,  agama serta dengan wilayah cukup ...