Mandiri Perkuat Kredit Mikro

94
Ist

Palembang, BP

Penyaluran kredit pada sektor komoditi masih menjadi perhatian perbankan. Salah satunya, Bank Mandiri Region II Sumatera 2. Tren penurunan harga komoditas seperti perkebunan karet membuat perusahaan kian menggali sektor-sektor potensial lainnya.

“Walau memang kondisi perekonomian masih sulit, perusahaan harus tetap tumbuh. Saat ini yang sedang kita kembangkan salah satunya adalah kredit mikro. Upaya ini pun digeber untuk mendorong ekonomi kerakyatan,” kata Regional CEO Mandiri Kanwil Sumatra 2 Aribowo, Rabu (9/8).

Ari mengatakan, sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) masih sangat potensial, walaupun ekonomi sedang terpuruk. Namun beberapa sektor justru menggeliat, baik di pasar-pasar tradisional, maupun sektor kuliner. “Selain kredit-kredit menengah ke atas, Mandiri juga fokus pada ekonomi kerakyatan. Seperti pelaku UKM. UKM pun saat ini mulai melek teknologi, dan sudah banyak yang berhasil,” katanya.

Ari menjelaskan, untuk Kredit Serbaguna Mikro (KSM) pertumbuhan cukup bagus mencapai sekitar 32 pesen dibanding periode yang sama tahun lalu. “KSM di Mandiri itu bisa dilakukan oleh pelaku usaha sebagai modal usaha, dan juga bisa dilakukan secara individu. Terutama yang sudah payroll Mandiri,” katanya.“Tidak payroll pun bisa, namun untuk yang sudah payroll biasanya lebih cepat dan mudah. Maksimal pinjaman pun menyesuaikan kemampuan bayar debitur itu sendiri,” katanya.#ren