Home / Headline / Jembatan Endikat Jebol, Pagaralam Terancam Terisolir

Jembatan Endikat Jebol, Pagaralam Terancam Terisolir

Pagaralam, BPJembatan Endikat yang terletak di Jalan Negara tepatnya di perbatasan Kabupaten Lahat dengan Kota Pagaralam terancam jebol. Badan jembatan yang terletak di kawasan rawan longsor dan rawan kecelakaan tersebut rusak di sambungan jembatan dengan badan jembatan yang sudah turun hingga 25 cm, tidak hanya itu jembatan tersebut nyaris jebol dan hanya di tahan dengan besi jembatan sementara cor beton dan aspal jembatan sudah ambrol.
Tak pelak kondisi yang demikian menjadikan pengendara yang melintas terutama yang bertonase berat harus ekstra hati-hati. Sementara bagi kendaraan jenis sedan harus berjalan pelan pasalnya sedikit saja lengah kendaraan bisa kandas.
Sambungan jembatan selain renggang, juga berlubang atau jebol tengahnya. Kondisi ini sangat membahayakan pengemudi yang melintas, baik motor dan mobil. Bila dibiarkan bukan tidak mungkin jembatan utama penghubung Pagaralam – Lahat ini akan ambruk dan membuat Pagaralam terisolir dari dunia luar. Demikian informasi yang berhasil dihimpun kemaren.
Menurut Rifky (35) pengendara sepeda morot yang melintas di kawasan tersebut mengungkapkan kerusakan tersebut sudah terjadi lebih dari satu minggu ini. Belum adanya upaya perbaikan menjadikan kerusakan semakin bertambah.
“Sudah seminggu lebih ini jembatan ini dibiarkan jebol, badan jembatan yang sudah turun menjadikan jembatan endikat ini sudah dilalui. Apalagi kalau malam hari banyak kendaraan yang terjebak,”ujarnya seraya berharap agarkiranya pihak terkait dapat segera melakukan perbaikan terhadap kerusakan jembatan tersebut.
Menanggapi kondisi yang demikian Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Kota Pagaralam, H Hariadi Razak, melalui Kabid Bina Marga, Ardiansyah membenarkan, kondisi jalan negara cukup memprihatinkan kerusakanya di beberapa titik. Termasuk di kawasan jembatan Endikat. “Informasinya, kerusakan pada sambungan jembatan dipasangi pelat besi oleh pihak Balai Besar,” katanya.
Mengenai permintaan masyarakat agar kerusakan ditangani serius oleh pihak Balai Besar Jawab Ardiansyah, pihak Pemkot Pagaralam melalui Dinas PUPR, sudah melayangkan surat ke Balai Besar.
“Bukan untuk pertamakalinya, namun sudah kesekiankalinya. Namun, dalam waktu dekat kita akan berkoordinasi langsung menemui lagi pihak Balai Besar mengenai kondisi jalan negara yang ada di Kota Pagaralam,”terangnya seraya mengatakan pihaknya belum bisa berbuat banyak untuk penanganan kerusakan jalan negara, karena bukan wewenang daerah. #dar
 
 
x

Jangan Lewatkan

Mobil Pak Kades Tabrak 3 Mobil, 1 Motor, dan Dinding Masjid Agung

Palembang, BP–Sebuah mobil Mitsubishi Pajero Sport BG 1457 IS yang dikendarai Sahirman (39), Kepala Desa (Kades) di Kabupaten OK,I menabrak ...