Home / Headline / Lelehan Perak Siap Bungkus Tugu Belido

Lelehan Perak Siap Bungkus Tugu Belido

Palembang, BP
Tiba di Palembang beberapa hari lalu, kini Tugu Belido mulai dirangkai oleh sembilan pekerja dari Boyolali. Pada tahap finishing, 4 liter lelehan perak dengan campuran bahan kimia khusus siap membungkus Tugu Belido.
            Para pekerja sibuk melakukan perakitan di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Selasa (25/7). Pengerjaan perakitan sudah mencapai 70 persen, dan diperkirakan akan selesai seluruhnya pada pertengahan Agustus.
Pelaksana Pembangunan Tugu Belido, Yohanes Renaldy mengatakan, jika cuaca mendukung dan tidak hujan, pengerjaan akan lancar. Terutama saat pelapisan perak, dibutuhkan cuaca yang stabil. Tugu Belido ini mulai dilapisi dengan perak yang sudah dicampur dengan bahan kimia seperti Potasium dan beberapa zat kimia lainnya.
“Kami sudah menyiapkan sebanyak 4 liter perak campuran bahan kimia. Pelapisan perak ini akan dikerjakan pada tahap finishing,” ujarnya, kemarin.
Sebelum pelapisan perak, tugu mesti diselesaikan proses perakitannya. Tugu Ikan Belido ini akan langsung dinaikkan ke atas pondasi (dudukan ikan). Proses selanjutnya pemasangan pipa untuk air mancur dari ikan mulut ke Sungai Musi. “Setelah dilakukan pemasangan pipa lalu dilakukan komisioning atau uji coba menghidupkan air mancurnya,” katanya.
Ia mengatakan, pada mulut ikan itu akan menembakkan air. Untuk menampung air pihaknya sudah menyiapkan tempat penampungan air dari Sungai Musi yang dilengkapi dengan mesin pompa. Setelah listrik semua sudah terpasang dan sudah dilakukan uji coba, pihaknya akan memastikan tembakan airnya mencapai 50 meter baru akan dilakukan proses selanjutnya.
Ia menjelaskan, Tugu Belido ini memiliki panjang 11 meter, berat 3 ton, dengan diameter dari punggung ke badan bawah 3,4 meter. Para pekerja juga sedang mempercepat pengerjaan lukisan songket berwarna merah yang akan dibuat pada dudukan tugu ini. Selain itu, Tugu Belido ini juga akan dilengkapi dengan kolam akrilik yang berada tepat di samping Tugu Belido. “Tetapi pengunjung hanya bisa menikmati kolam ini dari bawah, karena pengunjung hanya boleh naik sampai elevasi 190,” jelasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Tegoeh, menambahkan, pihaknya merencanakan agar Tugu Belido ini nantinya diresmikan oleh Presiden Jokowi. “Nanti peresmian tugu ini akan berbarengan peresmian lainnya, sedang diatur jadwalnnya, kalau rencana awal 13 Agustus nanti akan diresmikan tapi sepertinya bukan tanggal itu,” jelasnya.
Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo menyampaikan, untuk launching Tugu Belido rencananya akan dilakukan langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Ir H Joko Widodo (Jokowi). Dimana, kegiatan launching akan dilaksanakan juga pemecahan rekor MURI (Musium Rekor Indonesia), gotong royong serentak di 107 Kelurahan di Kota Palembang secara live.

“Kemarin kita sudah bertemu dengan Menteri Koordinator (Menko) Maritim, Luhut B Panjaitan, akan dilakukan launching Tugu Belido, Pecah Rekor MURI dan peluncuran robot Asian Games untuk memberikan keterangan seputar Asia Games ke 45 negara, yang akan dilakukan Presiden RI,” ujarnya.
Seperti diketahui, pembangunan Tugu Belido merupakan bantuan dana corporate social responsibility (CSR) PT BA sebesar Rp3,3 miliar, seperti Merlion Park yang ada di Singapura, tugu Palembang menggunakan Ikan Belido, akan menyemprotkan air dari mulutnya mengarah ke Sungai Musi sepanjang 50 meter. #pit

Baca:  September Tugu Belido Diresmikan, Pasang Pompa Air
x

Jangan Lewatkan

Jasad Putri Tersangkut di Eceng Gondok

Palembang, BP–Setelah hampir tiga hari dilakukan pencarian, akhirnya jasad Putri Kirina (9) ditemukan tersangkut tumpukan eceng gondok, di perairan Sungai ...