Home / Headline / Butuh Waktu Enam Bulan Pergub Taksi ‘Online’ Keluar

Butuh Waktu Enam Bulan Pergub Taksi ‘Online’ Keluar

H Alex Noerdin

Palembang, BP

Peraturan Gubernur (Pergub) yang mengatur taksi online di Sumatera Selatan tidak dapat dikeluarkan dengan cepat. Sebab, untuk mengeluarkan Pergub tersebut, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel membutuhkan waktu sekitar enam bulan atau setengah tahun.
“Sebelum mengeluarkan Pergub yang mengatur taksi online ini, perlu sosialisasi terlebih dahulu,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumsel Sudirman saat ditemui, di Pemprov Sumsel, Kamis (13/7).
Menurut Sudirman, saat ini untuk tarif atas dan bawah sudah ditentukan. Namun, tak bisa dengan cepat dikeluarkan. Untuk itu harus disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat terutama untuk tarif atas dan bawah.
“Jika masyarakat mengetahuinya maka Pergub baru dikeluarkan,” jelas dia.
Dalam Pergub tersebut, lanjut Sudirman, kuota taksi online juga dibatasi sesuai dengan kondisi di Provinsi Sumsel. Itu dilakukan dengan tujuan agar tidak merugikan taksi konvensional yang telah beroperasi di sini. Apalagi saat ini kondisi taksi konvensional menurun.
Dicontohlannya, seperti di bandara,  taksi konvensional terkadang tidak mendapatkan penumpang sama sekali, apalagi jika taksi online tidak dibatasi tentu sangat merugikan taksi konvensional.
“Kami tidak terlalu mengetahui untuk pertumbuhan penumpang setiap tahunnya, tapi memang sedikit menurun untuk taksi konvensional,” ungkapnya.
Ia juga menambahkan, saat ini pihaknya akan mendata jumlah kuota taksi online yang dapat beroperasi di Provinsi Sumsel bersama intansi terkait, seperti Organda. Dalam pembahasan ini nantinya akan diseimbangkan antara taksi konvensional, angkot dan taksi online.
Dijelaskan dia, meski begitu pihaknya meminta taksi online untuk segera mengurus izin dan mematuhi setiap kriteria. Jika tidak maka akan dianggap melanggar lalu lintas.
“Kami akan lakukan razia jika memang Pergub telah dikeluarkan,” pungkasnya. #adv
Baca:  Alex Noerdin Sapa Warga Muba
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Soroti Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan di Palembang

Palembang, BP Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Palembang menyoroti kasus-kasus kekerasan dengan perempuan sebagai korban. Setidaknya, ada 62 kasus hukum terkait ...