Home / Sumsel / Pagaralam / Sepuluh Parpol Buka Pendaftaran Balon Wako – Wawako Pagaralam

Sepuluh Parpol Buka Pendaftaran Balon Wako – Wawako Pagaralam

Walikota Pagaralam Ida Fitriati yang akan kembali maju dalam pilkada dan disebut-sebut sebagai calon paling kuat.

Pagaralam,BP

Sepuluh partai politik (parpol) di Pagaralam membuka pendaftaran bakal calon (balon) walikota dan wakil walikota Pagaralam. Hanya tertinggal dua lagi yang belum membuka pendaftaran.
Adapun sepuluh parpol yang sudah membuka pendaftaran balon adalah PDI Perjuangan, Gerindra, Nasdem, PKB, Demokrat, PPP, Hanura, PBB, PKPI, dan paling anyar PAN. Dua parpol yang belum membuka pendaftaran adalah Golkar dan PKS.
PDI Perjuangan, Gerindra, Nasdem, PKB, Demokrat, PPP, membuka pendaftaran sebelum Lebaran tiba. Partai yang duluan membuka pendaftaran adalah PDI Perjuangan. Pendaftaran di PDI P ini pun sudah lama ditutup. Setelah PDI P, barulah Gerindra, Nasdem, Demokrat, PKB, dan PPP membuka pendaftaran.
Partai Hanura, PBB, dan PKPI Pagaralam resmi membuka pendaftaran setelah lebaran usai. “Kita sudah membuka pendaftaran sejak 20 Juni lalu. Ini sesuai dengan instruksi dari DPP,” ujar Ketua DPC Partai Hanura Kota Pagaralam Juliansyah, ditemui di sekretariat DPC Partai Hanura Pagaralam, kawasan Simpang Empat Talang Jelatang. “Kami sudah menetapkan struktur kepanitian pendaftaran,” ungkapnya.
Sedangkan PBB membuka pendaftaran sejak 29 Juni sampai 10 Juli. Pengembalian berkas dijadwalkan dari 11 Juli sampai 26 Juli. Ketua DPW PBB Sumsel, Armansyah, mengatakan, lokasi pendaftaran di sekretariat DPC PBB Pagaralam di jalan Tanjung Payang-Air Perikan. 
 “Semua Balon dipersilahkan mendaftar,” ujar Arman. Sampai dengan Kamis (29/6) sudah ada dua balon yang mendaftar ke PBB yakni Novirzah Djazuli dan Gunawan.
Ketua DPK PKPI Kota Pagaralam, Kasno Fandri Tohari mengatakan PKPI sudah membuka pendaftaran balon wako dan wawako Pagaralam. “Kami sudah dapat instruksi dari DPP,” ujar Fandrikemarin seraya menyatakan, pendaftaran dimulai pada 29 Juni sampai 10 Juli 2017.
Sementara itu, PAN merupakan partai yang paling anyar membuka pendaftaran Balon. Mulai Rabu (5/7), partai ini mulai membuka pendaftaran. “Penjaringan Balon dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pengambilan formulir mulai 5-15 Juli, pengembalian dari 10-20 Juli dan verifikasi dari 20-26 Juli itu verifikasi berkas,” terang Ketu DPD PAN Pagaralam Halipan Matsohan.
Dalam waktu dekat, Golkar juga akan membuka pendaftaran. Ketua DPD Partai Golkar Pagaralam, Ruslan Abdul Gani mengatakan Golkar akan segera membuka pendaftaran Balon Wako dan Wawako Pagaralam. “Kalau tidak ada perubahan, kami akan mulai pendaftaran pada 10 Juli nanti. Lokasinya di kantor DPD Partai Golkar Pagaralam di kawasan Jembatan Beringin,” ujar Ruslan, kemarin. 
Ruslan menambahkan, sesuai dengan amanat dari Ketua DPD Partai Golkar Sumsel, H Alex Noerdin untuk Pilkada Pagaralam, Golkar akan melihat arah angin. “Nanti kami akan buat laporan ke DPD Partai Golkar Sumsel,”kata Ruslan.
Adapun PKS memilih mekanisme berbeda dari Parpol lain. Partai dakwah ini tidak akan membuka pendaftaran dan penjaringan Balon wako dan wawako Pagaralam. “Instruksi dari DPW, kita cukup silaturahim dengan para Balon. Nanti yang menentukan (Balon) DPW,”kata Ketua DPD PKS kota Pagaralam Rudi Hartono.
Kendati demikian, dikatakan Rudi, pihaknya bisa memberikan sumbang saran kepada DPW terkait Balon yang akan diusung PKS. Diakuinya pula, PKS juga sudah menggelar pemilihan internal guna memunculkan kader untuk Pilkada. “Tapi, untuk nama yang akan kami munculkan itu, belum dapat kami publiskasikan. Sebab, belum di SK-kan,” katanya. #dar
Baca:  Anggota Satpol PP Diberangkatkan Ke 7 Kabupaten Kota
x

Jangan Lewatkan

Jembatan Endikat Jebol, Pagaralam Terancam Terisolir

Pagaralam, BP — Jembatan Endikat yang terletak di Jalan Negara tepatnya di perbatasan Kabupaten Lahat dengan Kota Pagaralam terancam jebol. ...