Home / Bisnis / Stok Menipis, Harga Ikan Naik

Stok Menipis, Harga Ikan Naik

Pedagang ikan di Pasar KM 5 Palembang

Palembang, BP — Stok ikan laut di pasar tradisional mengalami penyusutan sejak H-1 Hari Raya Idul Fitri. Hal ini karena para nelayan masih banyak yang belum melaut. Namun diperkirakan pasokan ikan akan kembali normal pada Senin (3/7).

“Ikan laut agak sulit karena distribusi berkurang. Namun masih ada yang menjual dan memang harganya naik,” kata Malik (38), penjual ikan di Pasar Sungki Kertapati, Jumat (30/6).

Dikatakan, udang laut saat ini harganya mencapai Rp180.000 per kg. Harga ini naik dari biasanya Rp150.000 per kg. Ikan sarden yang sebelumnya Rp30.000 naik menjadi Rp35.000. “Beberapa ikan laut seperti tongkol ada, namun tidak terlalu banyak,” kata dia.

Sedikitnya pasokan ikan juga terlihat di Pasar KM5. Tina, pedagang ikan di sana, mengatakan, dirinya hanya menjual ikan laut jenis sarden. Sedangkan cumi dan ikan tongkol masih minim persediaannya. Harga pun cenderung tinggi.

“Kalau di pasar tradisional seperti ini, agennya terkadang masih banyak yang belum mengirim. Mereka masih libur Lebaran. Namun biasanya tidak lama lagi sudah mulai kembali normal. Untuk saat ini, ikan laut hanya jual ikan sarden,” katanya.

Mengantisipasi permintaan ikan, Tina menyatakan akan memperbanyak stok ikan sungai, seperti ikan gabus, gurame, dan ikan lele. Biasanya pembeli juga memiliki alternatif membeli ikan sungai. “Ikan sungai masih normal harganya. Stoknya pun cukup banyak. Seperti ikan gabus Rp45.000 per kg, ikan gurami Rp32.000 per kg, ikan lele Rp35.000 per kg,” ucapnya.

Warsih (35), pembeli ikan di Pasar Km 5 mengatakan, ikan sungai menjadi alternatif. Sebab umumnya ikan laut pascalebaran tidak begitu segar.

“Menurut saya tidak terlalu masalah. Lagian ikan laut yang ada kebanyakan tidak dalam kondisi segar. Tadinya mau beli tongkol. Tapi tidak jadi karena ikan gurame banyak yang masih segar,” katanya.

Warsih mengaku keberatan membeli ikan laut yang tidak begitu segar dengan harga tinggi. “Sukanya memang ikan laut, tapi ikan sungai juga enak dan tidak terlalu mahal,” ujarnya. #ren

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jiro Ramen, Kuliner Khas Jepang Hadir di Palembang Icon

  Palembang, BP Bagi pecinta kuliner khas negeri Jepang kini hadir Jiro Ramen di Latai II Palembang Icon yang bisa ...