Home / Bisnis / Pedagang Pasar Soak Bato Banyak Tak Kebagian Los Berdagang

Pedagang Pasar Soak Bato Banyak Tak Kebagian Los Berdagang

Sejumlah pedagang Pasar Soak Bato yang tidak kebagian los dalam pasar tersebut tengah duduk depan pintu pasar, Jumat (30/6).

Palembang, BP

Pasar  Rakyat Soak Bato Palembang  bakal menampung 283 pedagang yang saat ini masih berjualan di lapak-lapak sementara, karena bangunan pasar tersebut telah selesai.
        Dan sejak Kamis (29/6) sejumlah pedagang sudah menempati los-los pasar yang ada , sayang pasar tersebut belum memiliki fasilitas umum seperti saluran got, MCK, dan halamannnya belum di semen.
        Selain itu bangunan dua lantai tersebut ditempat oleh pedagang di lantai I saja , akibatnya pedagang ikan basah, pedagang buah, pedagang ikan kering , pedagang sayur bercampur menjadi satu sedangkan di lantai atas kosong melompok.
        Belum lagi puluhan pedagang pasar Soak Bato Palembang memprotes kebijakan pemkot Palembang  lantaran mereka tidak mendapatkan los, padahal mereka sudah mendapatkan nomor undian los, sehingga, Jumat (30/6) para pedagang ini hanya duduk didepan pintu gerbang pasar .
Menurut pedagang daging , Islatoni yang mengaku 38 tahun menempati lapak di pasar Soak Bato ini, kalau jatah dia yang berhak menerima los di pasar tersebut ditanya dengan pihak terkait telah hilang.
“ Wong pasar bilang dengan aku, aku sudah terdaftar lama dan bukti suratnya ada, ada 70 orang dak dapat los  terutama pedagang lama-lama dak dapat los,” katanya ditemui di lokasi, Jumat (30/6).
        Pihaknya meminta Pemkot Palembang segera menyelesaikan masalah ini karena menyangkut kelangsungan hidup keluarganya.
“ Kata mereka tunggulah-tunggulah, tunggulah cak mana, nak makan dak pacak nunggu,” katanya.
        Hal senada dikemukakan pedagang sayur Jemaan tidak bisa berdagang karena tidak mendapatkan los,” Yang di dalam berjualan ada surat lamo, isunya ada pedagang baru dapat los di dalam , kami yang katek surat ini ngiring bae, uji uwong belum pacak bejualan ya belum pacak , “ kata mengaku baru empat tahun berjualan sayur.
        Menurutnya awalnya pedagang ada surat petak sudah mendapatkan undian los namun pedagang yang tidak ada surat menunggu dulu untuk di carikan lokasi berjualan.
Sebelumnya Kepala Pasar Rakyat Soak Bato, Muhammad Ayub mengatakan sebanyak 283 pedagang itu sudah disediakan lapaknya masing-masing yang lebih nyaman di dalam bangunan baru.
Perbaikan pasar tersebut dimulai sejak Agustus 2016 yang dikerjakan oleh PT Detail Multi Konstruksi dengan kucuran APBD Kota Palembang sebesar Rp9,35 miliar dan akan diserahterimakan  pada Februari 2017. 
Pasar tersebut diperbaiki setelah tuntutan para pedagang yang menginginkan perbaikan kualitas pelayanan, karena kondisi pasar sudah tidak layak, mengingat selama 70 tahun lebih berdiri belum pernah mengalami renovasi. 
Wilayah pasar yang direnovasi seluas 18 Ha akan dilengkapi fasilitas umum seperti toilet, mushallah dan area parkir untuk memberikan kenyamanan kepada pedagang dan pembeli.

Setiap pedagang saat ini masih berjualan di luar dan pinggir jalan semuanya akan dipindahkan ke dalam bangunan baru yang terdiri dari 2 lantai, dengan masing-masing pedagang mendapat lapak seluas 2 x 2,5 meter.  
“Mengenai perubahan harga sewa lapak kami belum tahu naik atau tidak karena belum ada pemberitahuan dari PD Pasar Palembang Jaya,” kata Mummad Ayub.#osk
Baca:  Revitalisasi Pasar Cinde Masuk Tahap Relokasi Pedagang Lama
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Menyongsong 61 Tahun, Pertamina MOR II Gelontorkan CSR Rp364 Juta

Palembang, BP Mensyukuri perjalanan 61 tahun Pertamina hadir untuk memenuhi kebutuhan energi bagi masyarakat Indonesia, Marketing Operation Region II Sumbagsel ...