Home / Sumsel / Musi Banyuasin / Usai Lebaran, PNS Bolos Kerja Hari Pertama Disanksi

Usai Lebaran, PNS Bolos Kerja Hari Pertama Disanksi

Dodi Reza Alex Noerdin

Sekayu, BP

Sesuai edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) nomor B/2/M.K.T.02/2017 yang ditandatangani Menteri  Asman Abnur,  PNS Muba yang ketahuan bolos pada hari kerja pertama akan Disanksi tegas. Bupati Muba H Dodi Reza Alex, dihubungi Kamis (30/7), menegaskan akan memberi sanksi bagi PNS yang berani bolos pada hari kerja pertama usai libur panjang lebaran.
 PNS,  tambah Dodi, juga tidak akan diberi ijin ambil cuti tambahan atau cuti tahunan.  Seluruh pegawai dilarang mengambil tambahan cuti sebelum maupun sesudah cuti bersama Idul Fitri 1438 H.
 “Sejauh ini tidak ada dan tdk akan diizinkan. Sesuai surat Menpan-RB, Pemkab Muba tidak memberikan cuti sebelum dan setelah cuti lebaran. Sedangkan  PNS yqng tak masuk pqda hari kerja pertama pada tanggal 3 Juli maka akan disanksi  sesuai PP 53 tahun 2010,” tegas Dodi.
Senada disampaikan Kepala BKP SDM Muba, Sunaryo, bahwa PNS akan di cek saat apel halal bilhalal di stable berkuda nanti. Dirinya menjelaskan sesuai dengan ketentuan hari kerja terakhir menyambut lebaran adalah Jumat (23/6). Setelah itu libur nasional lebaran pada 25-26 Juni. Kemudian disusul cuti bersama pada 27-30 Juni. ’’Hari aktif kerja dimulai pada 3 Juli,’’ jelasnya kemarin.
Seperti diketahui pada surat edaran MenPAN/RB juga ada penjelasan kepada seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) instansi pusat maupun daerah, tidak menerima usulan cuti tahunan sebelum maupun setelah libur lebaran.
Meski libur panjang diberlakukan namun ada sejumlah pelayanan vital yang tidak boleh terganggu saat masa libur lebaran. Artinya aparatur negara harus tetap bersiaga melayani masyarkat. Instansi pelayanan vital itu seperti rumah sakit, imigrasi, lembaga pemasyarakatan, pemadan kebakaran, dan satpol PP.
Juga dihimbau pegawai tidak perlu khawatir soal libur di masa lebaran. Sebab menurutnya meski tidak boleh menambah cuti tambahan, libur PNS selama lebaran tahun ini cukup panjang. Jika ditotal, libur dalam rangka lebaran 2017 mencapai sembilan hari. Yakni mulai 24 Juni sampai 2 Juli. ’’Rasanya cukup untuk bersilaturahmi,’’ jelasnya. #arf
Baca:  Kuyung Hinayah Tembus Ranking 14 Tingkat Dunia
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Warga Muba Urunan Perbaiki Jalan Negara dan Provinsi yang Rusak

Bayung Lencir, BP–Kondisi jalan negara yakni di KM 204 Jalan Palembang-Jambi yang rusak parah akhirnya disikapi secara mandiri oleh warga ...