Home / Pemerintahan / Halal Bihalal, Cara Ishak Mekki Menjalin Silaturahmi

Halal Bihalal, Cara Ishak Mekki Menjalin Silaturahmi

Palembang, BP — Salah satu tradisi masyarakat kita dalam mewarnai datangnya hari raya Idul Fitri yakni tradisi halal bihalal atau saling bermaaf-maafan. Entah dari mana asalnya kata halal bihalal tersebut, yang pasti tradisi ini terus dipakai oleh berbagai lapisan masyarakat sebagai cara mempererat tali silaturahmi antarsesama.

Tak terkecuali bagi Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, H. Ishak Mekki dan keluarganya, di Hari Raya Idul Fitri 1438H ini juga melangsungkan halal bihalal yang ditandai dengan ‘open haouse’ untuk seluruh lapisan masyarakat.

Di hari pertama Idul Fitri, Wagub dan keluarga selain bersilaturahmi dengan Gubernur Sumsel dan para unsur pimpinan daerah, juga di kediaman dinasnya melaksanakan ‘open house’ untuk para pejabat di lingkungan Pemprov Sumsel. Sementara di hari kedua ‘open house’ Wagub juga menerima kedatangan para Bupati, Walikota se Sumsel dan masyarakat umum lainnya.

Halal bihalal atau saling bermaaf-maafan melalui ‘open house’ yang digelar ini, menurut mantan Bupati OKI dua periode ini, maknanya tak lain adalah agar terus terjalin komunikasi antarsesama baik sesama pejabat maupun dengan masyarakat kita.

“Kalau kita berkunjung ke masyarakat secara perorangan, mungkin tak mampu kita mengunjunginya. Tetapi dengan ‘open house’ ini, kita dapat menerima masyarakat kita dalam jumlah yang ramai di kediaman kita,” kata penggagas Jalan TOL Palembang – Kayuagung ini serius.

Menurut Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel ini, tradisi halal bihalal ini besar maknanya. Selain memang bertujuan untuk terus mempererat tali silaturahmi, juga merupakan sarana komunikasi kita kepada warga masyarakat yang datang. “Selain itu, kita juga dapat menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat kita,” katanya.

Apa yang dikatakan Ishak memang betul adanya. Terlihat selama dua hari ‘open house’ dan halal bihalal di kediaman dinasnya (25-26/6), banyak kalangan yang datang untuk menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri dan permohonan maaf secara langsung kepada Wagub Sumsel dan keluarganya. Begitu juga sebaliknya, tanpa sungkan-sungkan, ayah tiga anak – Muchendi, Azhar dan Ones – ini, menyapa warga, bersalaman dan menyatakan maafnya.

Catatan media ini, di hari pertama ‘open house’ digelar, tak kurang dari para pejabat daerah, kepala dinas, kepala badan di jajaran Pemrpov Sumsel yang hadir. Sedangkan di hari kedua, hadir seluruh Bupati, Wakil Bupati, para Walikota dan Wakil Walikota se Sumsel serta masyarakat umum lainnya.

“Halal bihalal juga masih terus berlangsung hingga hari ke-7 idul fitri, yakni pada 1 Juli mendatang. Kali ini halal bihalal dilangsungkan bersama dengan berbagai komunitas dan organisasi masyarakat di sini, seperti, Ikatan Keluarga Alumni Unsri, Ikatan Keluarga Alumni STMN 1, Pengurus dan para Kader Partai Demokrat serta keuarga besar IPSI dan lainnya. #rel

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPR Minta Pengiriman Buruh ke Arab Saudi Dihentikan

Jakarta, BP–Anggota Komisi I DPR Charles Honoris menegaskan, pemerintah jangan mengirimkan buruh migran ke negara lain kalau negara tersebut tidak ...