Home / Bisnis / 58 Petugas Pajak Turun ke Lapangan

58 Petugas Pajak Turun ke Lapangan

WAJIP PAJAK-Petugas pajak dari Kanwil DJP Sumsel dan Babel memberikan penjelasan kepada wajib pajak (WP) tentang pendataan perpajakan.

Palembang, BP

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Sumsel dan Babel melalui KPP Pratama Palembang Ilir Barat menurunkan 58 petugas door to door untuk mengingatkan seluruh Wajib Pajak (WP) tentang kewajiban pelaporan SPT Tahunan dengan benar dan tepat.

Plh Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP) Palembang Ilir Barat (PIB) Richard Burton menjelaskan, kegiatan door to door ini merupakan instruksi Kepala Kanwil yang bertujuan untuk mendata pemilik usaha yang belum memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), juga melihat pembayaran terakhir pemilik NPWP itu.

Baca:  Pemprov Tekan Penunggak Pajak Alat Berat

“Tidak hari ini (kemarin-red) saja, beberapa hari ke depan dilakukan hal serupa di masing-masing KPP. Pada kegiatan ini, kami memastikan kesesuaian omzet pemilik usaha dengan pembayaran pajaknya,” ujarnya, kemarin.

Ia juga menjelaskan tujuan utama kegiatan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melaksanakan kewajiban perpajakannya. Door to door ini dilakukan dengan mendatangi langsung ke lokasi tempat usaha, mengumpulkan informasi di lapangan, malakukan update profil wajib pajak, dan mengimbau wajib pajak untuk meningkatkan pembayaran pajak sesuai dengan kewajiban sebenarnya. Wawancara kepada pemilik atau pegawai serta pengambilan foto lokasi usaha.

Baca:  Dana Tebusan Amnesti Pajak Sumsel Babel Rp1,074 Triliun

Tim yang diterjunkan pada kegiatan ini menyisir wilayah di sepanjang Jalan Ahmad Rivai, Jalan Pangeran Subekti, Jalan Radial, Jalan Jaksa Agung R Suprapto. “Dengan cara tersebut pengumpulan informasi dan keluhan masyarakat wajib pajak dapat diketahui,” lanjut Richard.

Menanggapi kegiatan door to door dari Kanwil DJP SumselBabel ini, Yoni, pemilik rumah toko (ruko) di Jalan A Rivai merasa terbantu untuk memahami tentang pajak lebih mendalam. “Harapan kami supaya ekonomi semakin tumbuh, dengan demikian pembayaran pajak meningkat, kepatuhan masyarakat meningkat dan Indonesia semakin maju,” katanya.#ren

x

Jangan Lewatkan

Terjatuh Ditarik Korbannya, Begal Nyaris Tewas

Palembang, BP–Heri Dermawan (42) nyaris tewas setelah diamuk massa karena gagal kabur usai melakukan aksi begal di kawasan Monpera, Kamis ...