Home / Pendidikan / Terima Mahasiswa Baru, Unsri Rangkul PTS

Terima Mahasiswa Baru, Unsri Rangkul PTS

KERJA SAMA-Rektor Unsri Anis Saggaff menjelaskan program mahasiswa baru bersama beberapa Rektor PTS, Jumat (2/6) (foto: BP/SUGIARTO)

Palembang, BP — Program USM Bersama ini untuk menghapus image jika PTN kerap mengkotomi PTS dalam penerimaan siswa baru.

Universitas Sriwijaya (Unsri) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Sumsel mengambil kebijakan baru dalam perekrutan mahasiswa baru (maba)

Mulai tahun ini, Unsri menerapkan Ujian Saringan Masuk (USM) bersama beberapa perguruan tinggi swasta (PTS) di Palembang.

Beberapa PTS yang ikut serta dalam USM Bersama ini yakni di antaranya Universitas Tridinanti Palembang (UTP), Universitas PGRI Palembang dan Universitas Indo Global Mandiri Palembang.

Baca:  UKM Pers Unsri Hadirkan Menteri Lingkungan Hidup

“Ini tahun pertama kita lakukan, dan pendaftaran USM Bersama ini sudah dimulai 1 Juni 2017,” ujar Rektor Unsri Prof Dr Ir Anis Saggaff, MSCE, Jumat (2/6).

Dia menjelaskan, dalam pelaksanaan USM Bersama ini pihak Unsri dan tiga PTS yang bergabung membuka lima program studi dan untuk pilihan satu Perguruan Tinggi maksimum dua program studi (prodi) yang dipilih.

“Intinya program ini untuk kebersamaan sehingga tidak ada lagi image bahwa PTN mengkotomi (memilah-milah) PTS,” kata Anis.

Baca:  Unsri Butuh Rektor Pemberani, Jujur dan Amanah

Dia melanjutkan, program ini sudah sejak lama ingin di implementasikan pihak Unsri hanya saja tahun ini baru bisa dilakukan.

“Kita mengajak PTS yang berkualitas, awalnya banyak PTS yang kita tawarkan bergabung tapi hanya tiga PTS saja yang tahun ini ingin ikut serta USM Bersama,” terangnya.

Ia menambahkan, sisi lain yang bisa diperoleh PTS yang bergabung dengan program USM Bersama ini nantinya bisa meningkatkan daya saing dari sisi minat akademik.

“Kami berharap program ini nantinya bisa lebih mendekatkan hubungan akademik PTN dan PTS,” tuturnya.

Baca:  Petinggi Unsri Hibur Penonton Melalui Teater Dul Muluk

Sementara itu, Rektor Universitas PGRI Palembang Dr Syarwani Ahmad menyebutkan dengan program USM Bersama ini pihaknya merasa terbantu dalam melakukan penerimaan mahasiswa baru.

“Kami berharap kerja sama ini berjalan dengan baik dan minat mahasiswa baru nantinya bisa meningkat untuk penilaian akreditasi institusi,” paparnya.

Ditambahkannya, pihak Universitas PGRI Palembang dalam melakukan penerimaan mahasiswa baru menyiapkan kuota 2.500 mahasiswa baru untuk 19 program studi dan lima fakultas.

“Kalau kuota sudah terpenuhi saat USM Bersama ini, pihak Universitas PGRI Palembang tidak lagi membuka penerimaan mahasiswa baru,” pungkasnya. #sug

 

x

Jangan Lewatkan

Disdik Sumsel Apresiasi ConocoPhilips Dukung Kuliah Gratis Gubernur Sumsel

Palembang, BP— Sebanyak 410 siswa di Sumsel terpilih meraih beasiswa yang dipersembahkan oleh ConocoPhilips (Gresik) Ltd (CPGL) bekerjasama dengan Yayasan ...